(e-RH) 19 Juni -- Kejadian 37:1-4 - TAK MAU MENYAPA

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 19 Juni 2019
Bacaan : Kejadian 37:1-4
Setahun: Ayub 17-20
Nats: Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah. (Kejadian 37:4)

Renungan:

TAK MAU MENYAPA

Sebut saja namanya Dani, ayah dari tiga anak yang beranjak remaja. Sebagai orang tua, Dani ingin ketiga anaknya hidup rukun dan saling mengasihi. Benih sakit hati atau kebencian sedapat mungkin tidak boleh mendapat tempat dalam hati mereka. Setiap masalah atau konflik harus segera diselesaikan. Menariknya, Dani tak hanya cakap mengajarkan teori mengenai hidup rukun dan menyelesaikan konflik, tetapi ia sendiri memberi contoh. Ketika berbuat salah terhadap istri maupun anak-anaknya, Dani tak segan meminta maaf dengan sungguh-sungguh.

Yusuf muda sempat mengalami ketidaknyamanan ketika ia dibenci oleh para saudaranya. Perlakuan spesial Yakub kepada Yusuf menjadi pemicunya, sehingga para saudara Yusuf tidak mau menyapanya dengan ramah. Namun sayang, tampaknya Yakub tidak menyadari bahwa prahara dalam rumahnya disebabkan oleh tindakannya. Sekiranya Yakub menyadari lalu melakukan sesuatu untuk mendamaikan hubungan antara anak-anaknya, mungkin kebencian para saudara Yusuf tidak akan semakin menjadi-jadi. Sebagai orang tua, Yakub bukannya memastikan agar keluarga besarnya hidup rukun, tetapi justru menjadi pemicu adanya perselisihan dan kebencian bersemi dalam diri mereka.

Keluarga adalah permulaan seseorang belajar hidup rukun, mengasihi, dan saling mengampuni satu dengan yang lain. Masihkah hal itu diajarkan dan dipraktikkan dalam keluarga kita? Mari belajar dari kesalahan Yakub dan jangan biarkan kondisi yang sama terjadi dalam keluarga kita karena dampaknya akan sangat kita sesali kelak. --GHJ/www.renunganharian.net
   
DISHARMONISASI DALAM KELUARGA TAKKAN SELESAI DENGAN SENDIRINYA, TETAPI HARUS DIBERESKAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/06/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/06/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+37:1-4

Kejadian 37:1-4

 1  Adapun Yakub, ia diam di negeri penumpangan ayahnya, yakni di tanah Kanaan.
 2  Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun--jadi masih muda--biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan saudara-saudaranya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan saudara-saudaranya.
 3  Israel lebih mengasihi Yusuf dari semua anaknya yang lain, sebab Yusuf itulah anaknya yang lahir pada masa tuanya; dan ia menyuruh membuat jubah yang maha indah bagi dia.
 4  Setelah dilihat oleh saudara-saudaranya, bahwa ayahnya lebih mengasihi Yusuf dari semua saudaranya, maka bencilah mereka itu kepadanya dan tidak mau menyapanya dengan ramah.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ayub+17-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ayub+17-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2019 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar