(e-SH) 22 Mei -- Keluaran 30:17-38 - Komitmen pada Kekudusan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 22 Mei 2019
Ayat SH: Keluaran 30:17-38

Judul: Komitmen pada Kekudusan

Komitmen adalah sebuah bentuk keterikatan untuk melakukan sesuatu. Keterikatan mengasumsikan ada dua pihak yang saling bersepakat dan bersifat membatasi. Seseorang, karena komitmennya, harus rela mengurangi kebebasannya. Ia harus menahan diri terhadap apa saja yang bertentangan dengan komitmen itu. Inilah alasan mengapa berkomitmen, walau mudah dikatakan, tetapi sulit dilakukan.

Sebagai orang Kristen, kita sudah mengikatkan diri dengan Allah. Itu sebabnya dalam persekutuan bersama-Nya, kita pun terikat pada sebuah komitmen. Salah satunya yaitu berkomitmen menguduskan diri di hadapan Allah. Allah berfirman kepada Musa untuk membuat bejana (tempat air) pembasuhan yang harus diletakkan di antara Kemah Pertemuan dan mazbah (18). Apabila ingin masuk ke dalam Kemah Pertemuan, para imam mesti membasuh kaki dan tangannya terlebih dahulu di situ (19-20).

Secara simbolis, tindakan membasuh tangan serta kaki merupakan pembersihan diri dari dosa. Segala "kotoran" dari luar, tidak boleh hadir di dalam Kemah Pertemuan. Artinya, kekudusan adalah keharusan bagi para imam jika ingin bertemu Tuhan.

Tugas kita sebagai orang Kristen bukan sekadar percaya, lalu masuk surga. Allah juga menuntut agar kita hidup kudus. Untuk urusan ini, maka kita harus berkomitmen untuk masuk dalam pendidikan dan pengajaran-Nya.

Lalu, bagaimana caranya? Dalam bahasa Yunani, kudus memang berarti terpisah. Namun, itu tidak berarti kita terpisah dan mengasingkan diri dari dunia. Terpisah berarti ada perbedaan kualitas hidup antara umat tebusan dan yang bukan. Mengikuti nasihat Paulus, kekudusan dipentaskan lewat cara hidup yang berbeda dari dunia (Rm. 12:2).

Satu-satunya cara agar komitmen ini tetap membara adalah kita harus mengikatkan diri dengan Allah. Kita harus menjalin keintiman dengan-Nya. Tanpa ini, sekuat apa pun kita menjaga komitmen, akhirnya kita akan jatuh juga.

Doa: Tuhan, karuniakanlah kekudusan hidup menjadi komitmen kami.[IG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/05/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+30:17-38
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+30:17-38

Keluaran 30:17-38

17  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
18  "Haruslah engkau membuat bejana dan juga alasnya dari tembaga, untuk pembasuhan, dan kautempatkanlah itu antara Kemah Pertemuan dan mezbah, dan kautaruhlah air ke dalamnya.
19  Maka Harun dan anak-anaknya haruslah membasuh tangan dan kaki mereka dengan air dari dalamnya.
20  Apabila mereka masuk ke dalam Kemah Pertemuan, haruslah mereka membasuh tangan dan kaki dengan air, supaya mereka jangan mati. Demikian juga apabila mereka datang ke mezbah itu untuk menyelenggarakan kebaktian dan untuk membakar korban api-apian bagi TUHAN,
21  haruslah mereka membasuh tangan dan kaki mereka, supaya mereka jangan mati. Itulah yang harus menjadi ketetapan bagi mereka untuk selama-lamanya, bagi dia dan bagi keturunannya turun-temurun."
22  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:
23  "Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal,
24  dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin.
25  Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.
26  Haruslah engkau mengurapi dengan itu Kemah Pertemuan dan tabut hukum,
27  meja dengan segala perkakasnya, kandil dengan perkakasnya, dan mezbah pembakaran ukupan;
28  mezbah korban bakaran dengan segala perkakasnya, bejana pembasuhan dengan alasnya.
29  Haruslah kaukuduskan semuanya, sehingga menjadi maha kudus; setiap orang yang kena kepadanya akan menjadi kudus.
30  Engkau harus juga mengurapi dan menguduskan Harun dan anak-anaknya supaya mereka memegang jabatan imam bagi-Ku.
31  Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun.
32  Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu.
33  Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."
34  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya.
35  Semuanya ini haruslah kaubuat menjadi ukupan, suatu campuran rempah-rempah, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah, digarami, murni, kudus.
36  Sebagian dari ukupan itu haruslah kaugiling sampai halus, dan sedikit dari padanya kauletakkanlah di hadapan tabut hukum di dalam Kemah Pertemuan, di mana Aku akan bertemu dengan engkau; haruslah itu maha kudus bagimu.
37  Dan tentang ukupan yang harus kaubuat menurut campuran yang seperti itu juga janganlah kamu buat bagi kamu sendiri; itulah bagian untuk TUHAN, yang kudus bagimu.
38  Orang yang akan membuat minyak yang semacam itu dengan maksud untuk menghirup baunya, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar