(e-SH) 11 April -- 1 Korintus 4:1-5 - Integritas

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 11 April 2019
Ayat SH: 1 Korintus 4:1-5

Judul: Integritas

Kepercayaan adalah hal yang mutlak dalam sebuah relasi. Misalnya, relasi suami istri bisa berlangsung jika keduanya saling percaya. Relasi kita dengan Tuhan pun begitu. Kita tidak hanya percaya kepada Tuhan, tetapi Ia juga memercayai kita.

Percaya kepada Tuhan memang sangat penting dalam melayani dan berelasi dengan-Nya. Tuhan pun memberi kepercayaan-Nya kepada kita lewat tanggung jawab pelayanan. Bukan hanya pelayanan, Ia juga menyingkap sekaligus menitipkan rahasia-Nya kepada kita. Berita itulah yang akan kita sebarkan kepada dunia. Jadi, bangunan relasi kepercayaan, antara kita dan Tuhan, berjalan dua arah.

Jadi, tugas pelayan adalah menjaga mandat kepercayaan Tuhan. Allah menitipkan tanggung jawab kepada kita agar dikerjakan sebaik-baiknya. Dalam hal ini, penilai pelayanan kita adalah Tuhan. Ia menjadi standar kesuksesan pelayanan kita. Pasalnya, kepercayaan tersebut bersumber darinya. Fokus kita ialah mendapatkan kepercayaan-Nya. Kita harus mengejar pujian dari Allah, bukan dari manusia. Pada saat bersamaan, kita juga harus membawa pujian kembali kepada Tuhan melalui pelayanan.

Karakter seorang pelayan tepercaya adalah integritas hidup dalam pelayanan. Hidup berintegritas artinya menyodorkan transparansi. Tidak ada perilaku yang disembunyikan atau takut diketahui orang lain. Antara pelayanan dan kehidupan sehari-hari adalah sama sekaligus menyatu. Artinya, ada keselarasan antara kata dan tindakan. Apa yang dikatakan, itu juga yang dilakukan.

Hidup berintegritas juga berarti tidak berfokus mencari pujian manusia, tetapi pujian dari Allah. Sebagai seorang pelayan Tuhan atau pun seorang Kristen, marilah kita berusaha menjaga integritas hidup. Mari kita hidup seturut firman dan kehendak-Nya. Dengan begitu, kita akan menjadi anak kepercayaan Tuhan.

Doa: Tuhan, tolonglah supaya kami menjalani hidup dengan integritas sehingga dapat menjadi pelayan yang dapat dipercaya. [AB]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2019/04/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Korintus+4:1-5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Korintus+4:1-5

1 Korintus 4:1-5

 1  Demikianlah hendaknya orang memandang kami: sebagai hamba-hamba Kristus, yang kepadanya dipercayakan rahasia Allah.
 2  Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.
 3  Bagiku sedikit sekali artinya entahkah aku dihakimi oleh kamu atau oleh suatu pengadilan manusia. Malahan diriku sendiripun tidak kuhakimi.
 4  Sebab memang aku tidak sadar akan sesuatu, tetapi bukan karena itulah aku dibenarkan. Dia, yang menghakimi aku, ialah Tuhan.
 5  Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya, yaitu sebelum Tuhan datang. Ia akan menerangi, juga apa yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Ia akan memperlihatkan apa yang direncanakan di dalam hati. Maka tiap-tiap orang akan menerima pujian dari Allah.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar