(e-SH) 9 Maret -- Baca Gali Alkitab

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Baca Gali Alkitab

Kisah Para Rasul 23:12-22

Dalam beberapa tahun belakangan, gerakan ekstremisme agama mulai menjamur di Indonesia. Agama dipakai sebagai alat untuk melegalkan kebencian. Berita pembunuhan atas nama agama sepertinya menjadi wacana biasa dalam pemberitaan media. Agama yang seharusnya ramah, kini hadir dalam rupa amarah.

Dalam konteks ini, kita orang percaya pun kerap kena getahnya. Baik sebagai individu atau komunitas, malapetaka sering datang menghampiri.

Lalu, bagaimana kita merespons ini semua?

Apa saja yang Anda baca?
1. Apa yang ingin dilakukan orang Yahudi kepada Paulus? Apa saja yang mereka lakukan sebelum melakukan niat itu (12-15)?
2. Bagaimana rencana jahat itu bisa sampai ke telinga kepala pasukan (16-19)?
3. Berdasarkan informasi dari kemenakan Paulus, apa rencana komplotan orang Yahudi itu untuk membunuh Paulus (20-21)?
4. Apa perintah kepala pasukan kepada anak muda itu (22)?

Apa pesan yang Allah sampaikan kepada Anda?
1. Mengapa komplotan orang Yahudi begitu bernafsu membunuh Paulus? Apakah mereka kriminal? Atau tindakan itu justru dipicu karena ketaatan pada agama Yahudi yang mereka peluk?
2. Bagaimana cara Tuhan melepaskan Paulus dari ancaman bahaya? Apakah lewat seorang pembesar negeri? Atau malah lewat seorang anak muda yang tak disebut namanya?

Apa respons Anda?
1. Bagaimana agama memengaruhi kehidupan Anda? Apakah agama menyuburkan benih cinta kasih dalam hati Anda? Atau agama malah membuat Anda membenci sesama manusia?
2. Pernahkah Tuhan menolong Anda lewat hal-hal kecil dalam kondisi sedang terjepit? Coba ceritakan!

Pokok Doa:
Doakan agar kesatuan umat antar beragama di Indonesia semakin baik.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+23:12-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+23:12-22

Kisah Para Rasul 23:12-22

12  Dan setelah hari siang orang-orang Yahudi mengadakan komplotan dan bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh Paulus.
13  Jumlah mereka yang mengadakan komplotan itu lebih dari pada empat puluh orang.
14  Mereka pergi kepada imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi dan berkata: "Kami telah bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa kami tidak akan makan atau minum, sebelum kami membunuh Paulus.
15  Karena itu hendaklah kamu bersama-sama dengan Mahkamah Agama menganjurkan kepada kepala pasukan, supaya ia menghadapkan Paulus lagi kepada kamu, seolah-olah kamu hendak memeriksa perkaranya lebih teliti, dan sementara itu kami sudah siap sedia untuk membunuh dia sebelum ia sampai kepada kamu."
16  Akan tetapi kemenakan Paulus, anak saudaranya perempuan, mendengar tentang penghadangan itu. Ia datang ke markas dan setelah diizinkan masuk, ia memberitahukannya kepada Paulus.
17  Lalu Paulus memanggil salah seorang perwira dan berkata kepadanya: "Bawalah anak ini kepada kepala pasukan, karena ada sesuatu yang perlu diberitahukannya kepadanya."
18  Perwira itu membawanya kepada kepala pasukan dan berkata: "Paulus orang tahanan itu, memanggil aku dan meminta, supaya aku membawa anak muda ini kepadamu, sebab ada yang perlu diberitahukannya kepadamu."
19  Maka kepala pasukan itu memegang tangan anak muda itu, lalu membawanya ke samping dan bertanya: "Apakah yang perlu kauberitahukan kepadaku?"
20  Jawabnya: "Orang-orang Yahudi telah bersepakat untuk meminta kepadamu, supaya besok engkau menghadapkan Paulus lagi ke Mahkamah Agama, seolah-olah Mahkamah itu mau memperoleh keterangan yang lebih teliti dari padanya.
21  Akan tetapi janganlah engkau mendengarkan mereka, sebab lebih dari pada empat puluh orang dari mereka telah siap untuk menghadang dia. Mereka telah bersumpah dengan mengutuk diri, bahwa mereka tidak akan makan atau minum, sebelum mereka membunuh dia; sekarang mereka telah siap sedia dan hanya menantikan keputusanmu."
22  Lalu kepala pasukan menyuruh anak muda itu pulang dan memerintahkan kepadanya: "Jangan katakan kepada siapapun juga, bahwa engkau telah memberitahukan hal ini kepadaku."



e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar