(e-RH) 15 Januari -- Keluaran 14:1-14 - JANGAN GANGGU KAMI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 15 Januari 2019
Bacaan : Keluaran 14:1-14
Setahun: Kejadian 43-45
Nats: "Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini." (Keluaran 14:12)

Renungan:

JANGAN GANGGU KAMI

Umat Israel marah kepada Musa di tengah perjalanan keluar dari Mesir. Mereka mengeluh sebab bukannya kondisi yang lebih baik, melainkan penderitaanlah yang mereka alami. Sekalipun mereka tahu bahwa Musa membawa mereka keluar dari Mesir atas perintah Allah dan bertujuan untuk memberikan kebebasan, mereka merasa lebih baik hidup dalam penindasan di Mesir.

Israel telah melihat tulah-tulah dahsyat yang Allah perbuat bagi Mesir. Israel juga sudah melihat kuasa Allah dalam menyertai mereka hingga tidak turut kena tulah. Namun rupanya semua itu belum cukup untuk melatih iman mereka supaya terus bersandar dan percaya hanya kepada Allah saja. Melalui kekerasan hati Firaun Allah mendidik dan menunjukkan kepada Israel tentang kuasa yang Allah miliki untuk menolong mereka.

Tak jarang kita menganggap kehadiran Tuhan sebagai pengganggu. Sebab Tuhan sepertinya sengaja memberikan kesulitan. Mengapa Tuhan tidak menjadikan semuanya mudah? Bukankah Tuhan Mahakaya dan Mahamurah? Alasan ini kemudian membuat kita lebih senang mengatur hidup kita sendiri. Kita merasa mampu menjalani hidup tanpa Tuhan. Kita melawan Tuhan, menolak ajaran-Nya meskipun tahu hal itu membawa keselamatan sejati. Alih-alih memiliki keberanian iman untuk hidup dalam pimpinan Allah, kita lebih senang hidup dalam perbudakan dosa. Bahkan kita berteriak kepada Tuhan supaya Dia tidak mengganggu kita. Kita lupa bahwa krisis dalam kehidupan pun dipakai-Nya untuk membentuk kita setingkat lebih tinggi di dalam iman dan kebenaran. --EBL/www.renunganharian.net
   
BAGI ORANG YANG SENANG BERKUBANG DALAM DOSA, KEHADIRAN TUHAN TAK LEBIH DARI SEKADAR PENGGANGGU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2019/01/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2019/01/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+14:1-14

Keluaran 14:1-14

 1  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa, demikian:
 2  "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka balik kembali dan berkemah di depan Pi-Hahirot, antara Migdol dan laut; tepat di depan Baal-Zefon berkemahlah kamu, di tepi laut.
 3  Maka Firaun akan berkata tentang orang Israel: Mereka telah sesat di negeri ini, padang gurun telah mengurung mereka.
 4  Aku akan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar mereka. Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN." Lalu mereka berbuat demikian.
 5  Ketika diberitahukan kepada raja Mesir, bahwa bangsa itu telah lari, maka berubahlah hati Firaun dan pegawai-pegawainya terhadap bangsa itu, dan berkatalah mereka: "Apakah yang telah kita perbuat ini, bahwa kita membiarkan orang Israel pergi dari perbudakan kita?"
 6  Kemudian ia memasang keretanya dan membawa rakyatnya serta.
 7  Ia membawa enam ratus kereta yang terpilih, ya, segala kereta Mesir, masing-masing lengkap dengan perwiranya.
 8  Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan.
 9  Adapun orang Mesir, segala kuda dan kereta Firaun, orang-orang berkuda dan pasukannya, mengejar mereka dan mencapai mereka pada waktu mereka berkemah di tepi laut, dekat Pi-Hahirot di depan Baal-Zefon.
10  Ketika Firaun telah dekat, orang Israel menoleh, maka tampaklah orang Mesir bergerak menyusul mereka. Lalu sangat ketakutanlah orang Israel dan mereka berseru-seru kepada TUHAN,
11  dan mereka berkata kepada Musa: "Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini? Apakah yang kauperbuat ini terhadap kami dengan membawa kami keluar dari Mesir?
12  Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini."
13  Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.
14  TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+43-45
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+43-45

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar