(e-SH) 16 Desember -- Keluaran 23:1-13 - Gaya Hidup yang Berbeda

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Minggu, 16 Desember 2018
Ayat SH: Keluaran 23:1-13

Judul: Gaya Hidup yang Berbeda

Dunia sudah terbiasa dengan hukum rimba. Buat apa kita mengurusi orang lain? Apalagi, kalau dia itu musuh kita? Apa gunanya kita mengusahakan kelegaan bagi orang miskin dan asing? Bukankah lebih baik jika kita mengeksploitasi mereka saja? Namun, Israel berbeda. Mereka punya gaya hidup yang lain.

Orang asing dan miskin mendapatkan perhatian khusus di Israel. Orang Israel harus memperlakukan mereka dengan setara. Mereka berhak mendapatkan keadilan. Jika ternak musuh tersesat, mereka harus mengembalikannya (4). Jika keledai musuh rebah karena beban yang berat, mereka harus rela menolong untuk membongkar muatannya (5). Lembu, keledai, budak, dan orang asing berhak mendapatkan istirahat. Bahkan, tanah garapan harus diberi istirahat setelah tujuh tahun. Mereka harus membiarkan apa pun hasil yang keluar dari tanah itu sebagai jatah orang miskin (11).

Umat Allah jangan meniru bangsa di sekitarnya. Mereka adalah bangsa penindas yang lemah untuk mencari untung yang sebesar-besarnya. Kehadiran Allah di tengah umat-Nya harus menghasilkan hidup yang berbeda.

Hidup zaman sekarang terasa sulit. Semangat individualistis membuat manusia semakin cuek pada sesama, apalagi kepada musuhnya. Tekanan ekonomi memusatkan tindakan kita demi mencari untung belaka. Situasi ini menyulitkan kita untuk menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang miskin dan lemah. Kita pun memperlakukan lingkungan bukan lagi menjadi sebuah objek yang sakral sebagai ciptaan Tuhan. Kita memeras alam demi kepentingan diri sendiri.

Tuhan memerintahkan umat-Nya untuk hidup berbeda dari nilai-nilai dunia. Alasannya karena kita memanggil nama Allah yang hidup (13). Allah yang telah membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir. Dia akan menolong kita hidup di tengah nilai-nilai dunia yang berbeda ini.

Doa: Tuhan, ajarilah kami agar punya gaya hidup yang berbeda dari dunia ini. Sebuah gaya hidup untuk memperjuangkan keadilan. [IM]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/12/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+23:1-13
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+23:1-13

Keluaran 23:1-13

 1  "Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.
 2  Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.
 3  Juga janganlah memihak kepada orang miskin dalam perkaranya.
 4  Apabila engkau melihat lembu musuhmu atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan binatang itu.
 5  Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya.
 6  Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya.
 7  Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah.
 8  Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar.
 9  Orang asing janganlah kamu tekan, karena kamu sendiri telah mengenal keadaan jiwa orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.
10  Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya,
11  tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu.
12  Enam harilah lamanya engkau melakukan pekerjaanmu, tetapi pada hari ketujuh haruslah engkau berhenti, supaya lembu dan keledaimu tidak bekerja dan supaya anak budakmu perempuan dan orang asing melepaskan lelah.
13  Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar