(e-SH) 15 Desember -- Keluaran 22:28-31 - Gandum, Ternak, dan Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 15 Desember 2018
Ayat SH: Keluaran 22:28-31

Judul: Gandum, Ternak, dan Allah

Gandum dan ternak mungkin tidak menarik perhatian kita, apalagi dalam masyarakat perkotaan, tetapi dalam zaman PL, gandum dan ternak adalah bagian yang konkret dari hidup mengikut Tuhan.

Ternak merupakan harta kekayaan yang penting dalam masyarakat PL, sama seperti rumah atau mobil pada zaman sekarang. Tidak heran, banyak aturan tentang pencurian atau sengketa soal ternak dalam Keluaran 22. Berbagai aturan tersebut menjamin keadilan Allah untuk dipraktikkan dalam setiap kasus konkret yang relevan dalam masyarakat.

Lebih dari itu, aturan soal gandum dan ternak menegaskan bahwa komitmen mengikut Tuhan menyentuh secara konkret bagian yang dianggap paling berharga, yaitu harta kekayaan. Bukan hanya gandum, anggur, dan ternak yang harus dipersembahkan kepada Tuhan, namun juga anak laki-laki sulung (29). Hidup sebagai umat Tuhan-berbeda dari bangsa di sekitarnya-Israel melakukan komitmen itu secara konkret dalam setiap bagian kehidupan.

Komitmen hidup terhadap sesama, dalam pengertian Alkitab, muncul dari komitmen hidup kita kepada Tuhan. Misalnya, menghormati pemimpin adalah cerminan postur sikap kita terhadap Allah (28; Kis. 23:5). Bahkan untuk aturan makan daging juga harus didasari pada komitmen umat Tuhan untuk menguduskan hidupnya bagi Allah (31).

Tantangan hidup kita mungkin berbeda daripada zaman PL, namun komitmen kita pada Allah tetap harus menyentuh bagian yang paling berharga dari hidup secara konkret. Marilah kita menyerahkan hidup anak-anak pada Tuhan dan memberikan teladan hidup takut akan Allah kepada mereka.

Hidup Kristen kita rayakan dalam daging dan darah Kristus melalui perjamuan kudus. Efeknya adalah kekudusan hidup kepada Allah juga menyangkut darah dan daging dalam keseharian kita.

Doa: Ajar kami Tuhan untuk menguduskan hidup secara konkret dalam hal makanan, pekerjaan, bahkan pasangan hidup untuk kami persembahkan bagi-Mu. [IM]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/12/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+22:28-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+22:28-31

Keluaran 22:28-31

28  "Janganlah engkau mengutuki Allah dan janganlah engkau menyumpahi seorang pemuka di tengah-tengah bangsamu.
29  Janganlah lalai mempersembahkan hasil gandummu dan hasil anggurmu. Yang sulung dari anak-anakmu lelaki haruslah kaupersembahkan kepada-Ku.
30  Demikian juga harus kauperbuat dengan lembu sapimu dan dengan kambing dombamu: tujuh hari lamanya anak-anak binatang itu harus tinggal pada induknya, tetapi pada hari yang kedelapan haruslah kaupersembahkan binatang-binatang itu kepada-Ku.
31  Haruslah kamu menjadi orang-orang kudus bagi-Ku: daging ternak yang diterkam di padang oleh binatang buas, janganlah kamu makan, tetapi haruslah kamu lemparkan kepada anjing."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar