(e-RH) 18 Desember -- Yeremia 20:1-6 - PENGUKUR ATAU PENGATUR SUHU?

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 18 Desember 2018
Bacaan : Yeremia 20:1-6
Setahun: 1 Petrus 3-5
Nats: Lalu Pasyhur memukul nabi Yeremia dan memasungkan dia di pintu gerbang Benyamin yang ada di atas rumah TUHAN. (Yeremia 20:2)

Renungan:

PENGUKUR ATAU PENGATUR SUHU?

Dalam hal suhu udara, kita mengenal dua macam alat. Pertama, termometer, yaitu pengukur suhu, yang memunculkan angka derajat "apa adanya". Kedua, termostat, yaitu alat yang dilengkapi dengan sensor dan sistem pengontrol untuk mengatur suhu seperti yang dikehendaki. Pengatur suhu. Derajat angkanya ialah "apa yang seharusnya".

Pada era Yeremia, sangat banyak nabi palsu. Misalnya, Pasyhur bin Imer, seorang imam kepala di Bait Allah (ay. 1, 6). Mereka ini eksis karena mereka tidak berbuat sesuatu untuk mengubah keadaan yang kacau (ps. 4:23). Demi keuntungan pribadi, mereka menyesuaikan diri dengan situasi (ps. 8:10). Ucapan nubuat mereka ialah rekaan sendiri untuk menyenangkan orang (ps. 5:31; 14:14; 23:16-17). Sebaliknya, Yeremia menyampaikan firman Tuhan supaya keadaan berubah melalui pertobatan (ps. 22:1-5). Ia ditentang dan dibenci sebab mereka anti perubahan (ps. 5:3; 9:5; 11:21). Kelompok Pasyhur cuma menyesuaikan "angka" situasi apa adanya. Sedangkan Yeremia ingin memberi "angka" yang seharusnya pada situasi bangsanya.

Sejujurnya kondisi di masyarakat kita derajat keluhurannya terus merosot. Kecurangan, kepalsuan dan kebencian terus menebarkan racun polusinya. Standar moral dan kesantunan terjun bebas. Disiplin ambruk. Hangatnya kepedulian lenyap. Kasih menjadi dingin. Apakah kita hanya menyesuaikan diri dengannya? Ikut terhanyut bersamanya? Atau masihkah kita berjuang memberi sumbangsih dan pengaruh positif? Orang Kristen jenis manakah kita: termometer atau termostat? --PAD/www.renunganharian.net
   
KALAU TIDAK UNTUK MENJADI TERANG DI DUNIA, TUHAN TIDAK AKAN MENGUTUS KITA KE DALAM DUNIA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/12/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/12/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+20:1-6

Yeremia 20:1-6

 1  Pasyhur bin Imer, imam yang pada waktu itu menjabat kepala di rumah TUHAN, mendengar Yeremia menubuatkan perkataan-perkataan itu.
 2  Lalu Pasyhur memukul nabi Yeremia dan memasungkan dia di pintu gerbang Benyamin yang ada di atas rumah TUHAN.
 3  Tetapi ketika Pasyhur keesokan harinya mengeluarkan Yeremia dari pasungan itu, berkatalah Yeremia kepadanya: "TUHAN akan menyebut namamu bukan Pasyhur, melainkan Kegentaran-dari-segala-jurusan.
 4  Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan membuat engkau menjadi kegentaran bagimu sendiri dan bagi semua sahabatmu; mereka akan rebah mati oleh pedang musuhnya di depan matamu sendiri. Dan seluruh Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan raja Babel yang akan mengangkut mereka ke dalam pembuangan ke Babel dan memukul mati mereka dengan pedang.
 5  Juga harta benda kota ini, segala hasil jerih payahnya, segala barangnya yang berharga dan segala barang perbendaharaan raja-raja Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan musuhnya, yang akan menjarah, mengumpulkan dan membawa semuanya itu ke Babel.
 6  Mengenai engkau, hai Pasyhur, dan semua orang yang diam di rumahmu, kamu akan diangkut tertawan; engkau akan sampai ke Babel dan akan mati di sana dan akan dikuburkan di sana: engkau ini dengan semua sahabatmu yang kepadanya engkau telah bernubuat palsu."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?1+Petrus+3-5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/1+Petrus+3-5

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar