(e-SH) 27 November -- Keluaran 14:1-14 - Tenanglah, Jangan Panik

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 27 November 2018
Ayat SH: Keluaran 14:1-14

Judul: Tenanglah, Jangan Panik

"Jika lift macet, TENANGLAH, JANGAN PANIK!" Demikianlah peringatan bagi para pengguna lift. Yang harus dilakukan ketika tiba-tiba lift berhenti bekerja adalah menguasai diri agar tetap tenang. Kepanikan tidak akan menyelesaikan persoalan, membuat kita tidak mampu berpikir jernih, yang akhirnya membuat kita semakin takut.

Demikian pulalah yang terjadi dalam diri umat Israel. Mereka panik karena terkurung antara Laut Teberau di depan dan tentara Mesir di bawah pimpinan Firaun di belakang. Kepanikan itu membuat mereka tidak lagi berpikir jernih. Mereka lupa akan semua yang telah dilakukan Allah bagi mereka. Sepuluh tulah seolah sirna.

Berkait dengan tulah ke-10, mungkin saja dalam benak orang Israel telah terbayangkan betapa ngerinya balas dendam orang-orang Mesir itu, yang telah kehilangan anak sulung mereka. Pada titik itulah orang Israel mulai menyalahkan Musa. Mereka menganggap dia merupakan biang keladi dari situasi yang dihadapi. Mereka memang tidak menyalahkan Allah secara langsung, tetapi jika ditelusuri semua yang mereka katakan kepada Musa bermuara kepada Allah yang telah mengutus Musa.

Dalam situasi yang genting itu, agaknya hanya Musalah yang tidak panik. Tegas dia berkata kepada bangsanya, "TUHAN akan berperang untuk kamu dan kamu akan diam saja" (14).

Musa mengajak umat Israel untuk berpikir jernih. Bukankah selama ini Allah telah melakukan banyak mukjizat kepada mereka? Sepuluh tulah merupakan buktinya. Ketakutan tidak akan menyelesaikan masalah. Yang diminta Musa adalah orang Israel diam saja, memercayakan diri kepada Allah, dan melihat Allah bekerja menyelamatkan mereka.

Mungkin Anda kini berada dalam situasi sulit dan merasa tak ada jalan keluar. Nah, jalan terlogis adalah tetaplah tenang. Jangan panik! Tak ada sesuatu pun yang terjadi dalam diri Anda di luar pengawasan Allah sendiri. Diamlah, percayalah, dan saksikanlah karya penyelamatan-Nya (13).

Doa: Tuhan bila badai hidup menerpa, tolong kami untuk tetap tenang! [YM]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/11/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+14:1-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Keluaran+14:1-14

Keluaran 14:1-14

 1  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa, demikian:
 2  "Katakanlah kepada orang Israel, supaya mereka balik kembali dan berkemah di depan Pi-Hahirot, antara Migdol dan laut; tepat di depan Baal-Zefon berkemahlah kamu, di tepi laut.
 3  Maka Firaun akan berkata tentang orang Israel: Mereka telah sesat di negeri ini, padang gurun telah mengurung mereka.
 4  Aku akan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia mengejar mereka. Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui, bahwa Akulah TUHAN." Lalu mereka berbuat demikian.
 5  Ketika diberitahukan kepada raja Mesir, bahwa bangsa itu telah lari, maka berubahlah hati Firaun dan pegawai-pegawainya terhadap bangsa itu, dan berkatalah mereka: "Apakah yang telah kita perbuat ini, bahwa kita membiarkan orang Israel pergi dari perbudakan kita?"
 6  Kemudian ia memasang keretanya dan membawa rakyatnya serta.
 7  Ia membawa enam ratus kereta yang terpilih, ya, segala kereta Mesir, masing-masing lengkap dengan perwiranya.
 8  Demikianlah TUHAN mengeraskan hati Firaun, raja Mesir itu, sehingga ia mengejar orang Israel. Tetapi orang Israel berjalan terus dipimpin oleh tangan yang dinaikkan.
 9  Adapun orang Mesir, segala kuda dan kereta Firaun, orang-orang berkuda dan pasukannya, mengejar mereka dan mencapai mereka pada waktu mereka berkemah di tepi laut, dekat Pi-Hahirot di depan Baal-Zefon.
10  Ketika Firaun telah dekat, orang Israel menoleh, maka tampaklah orang Mesir bergerak menyusul mereka. Lalu sangat ketakutanlah orang Israel dan mereka berseru-seru kepada TUHAN,
11  dan mereka berkata kepada Musa: "Apakah karena tidak ada kuburan di Mesir, maka engkau membawa kami untuk mati di padang gurun ini? Apakah yang kauperbuat ini terhadap kami dengan membawa kami keluar dari Mesir?
12  Bukankah ini telah kami katakan kepadamu di Mesir: Janganlah mengganggu kami dan biarlah kami bekerja pada orang Mesir. Sebab lebih baik bagi kami untuk bekerja pada orang Mesir dari pada mati di padang gurun ini."
13  Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: "Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.
14  TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar