(e-RH) 8 Oktober -- Lukas 12:35-48 - MENYIAPKAN DIRI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 8 Oktober 2018
Bacaan : Lukas 12:35-48
Setahun: Matius 18-20
Nats: Bertekunlah dalam doa dan dalam pada itu berjaga-jagalah dengan mengucap syukur. (Kolose 4:2)

Renungan:

MENYIAPKAN DIRI

Selain menunggu, berjaga-jaga adalah pekerjaan yang membosankan. Sebuah perusahaan suatu ketika kecurian. Berdasarkan rekaman CCTV, para maling beraksi pada pukul 2 dini hari. Meski ada beberapa satpam, mereka leluasa mencuri barang berharga karena semua satpam tertidur. Sebelum beraksi, mereka sudah melakukan pengamatan sehingga tahu kapan para satpam siaga dan kapan mereka tidur nyenyak.

Kristus mau kita selalu berjaga-jaga. Merasa aman membuat seseorang tak berjaga-jaga. Akibatnya, orang itu menjadi lemah imannya dan akhirnya suam-suam secara rohani.

Berjaga-jaga adalah tindakan menunggu atau menjaga sesuatu yang berharga. Apa yang kita tunggu sebagai orang Kristen? Kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali, yang tidak kita ketahui waktunya. Kita adalah hamba yang baik saat selalu setia mengerjakan segala perintah Yesus. Kita bertindak seperti hamba yang selalu berjaga menunggu tuannya datang dari pesta perkawinan.

Bagaimana caranya agar berjaga-jaga menjadi hal yang menyenangkan? Kita harus selalu mempersiapkan diri untuk bertemu dengan Kristus, dengan hidup sesuai segala perintah-Nya. Saat berjaga-jaga, kita tidak membiarkan iman kita tercuri oleh berbagai kenikmatan dunia. Apakah setiap hari saya berjaga-jaga? Apakah saya sudah mempersiapkan diri secara pribadi sehingga tidak malu bertemu dengan Kristus saat Dia tiba-tiba datang? Berbahagialah kita jika saat Kristus datang, Dia mendapati kita berjaga-jaga menantikan kedatangan-Nya. --RTG/www.renunganharian.net
   
SAAT BERJAGA, KITA MENYIAGAKAN HATI DAN ROH UNTUK SIAP MENYAMBUT KEDATANGAN-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/10/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/10/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+12:35-48

Lukas 12:35-48

35  "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.
36  Dan hendaklah kamu sama seperti orang-orang yang menanti-nantikan tuannya yang pulang dari perkawinan, supaya jika ia datang dan mengetok pintu, segera dibuka pintu baginya.
37  Berbahagialah hamba-hamba yang didapati tuannya berjaga-jaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka.
38  Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dinihari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah mereka.
39  Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pukul berapa pencuri akan datang, ia tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.
40  Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan."
41  Kata Petrus: "Tuhan, kamikah yang Engkau maksudkan dengan perumpamaan itu atau juga semua orang?"
42  Jawab Tuhan: "Jadi, siapakah pengurus rumah yang setia dan bijaksana yang akan diangkat oleh tuannya menjadi kepala atas semua hambanya untuk memberikan makanan kepada mereka pada waktunya?
43  Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang.
44  Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya.
45  Akan tetapi, jikalau hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba laki-laki dan hamba-hamba perempuan, dan makan minum dan mabuk,
46  maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang yang tidak setia.
47  Adapun hamba yang tahu akan kehendak tuannya, tetapi yang tidak mengadakan persiapan atau tidak melakukan apa yang dikehendaki tuannya, ia akan menerima banyak pukulan.
48  Tetapi barangsiapa tidak tahu akan kehendak tuannya dan melakukan apa yang harus mendatangkan pukulan, ia akan menerima sedikit pukulan[1:25507]. Setiap orang yang kepadanya banyak diberi, dari padanya akan banyak dituntut, dan kepada siapa yang banyak dipercayakan, dari padanya akan lebih banyak lagi dituntut."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Matius+18-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+18-20

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar