(e-RH) 6 Oktober -- Lukas 23:33-43 - AMPUNI

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 6 Oktober 2018
Bacaan : Lukas 23:33-43
Setahun: Matius 13-14
Nats: [Yesus berkata, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."] Lalu mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. (Lukas 23:34)

Renungan:

AMPUNI

Stiker itu bertulisan besar: Jesus, save Me from Your followers (Yesus, selamatkan aku dari para pengikut-Mu). Membacanya, saya teringat perkataan seorang kawan, mantan hamba Tuhan, yang sekarang sukses sebagai penulis. "Aku tidak ada masalah dengan Tuhan, tapi komunitas orang Kristen bikin aku gerah." Ia pun memutuskan keluar dari gereja.

Kasus dikecewakan oleh komunitas keagamaan memang bukan hal baru. Yesus sendiri mengalaminya. Dia dikhianati oleh orang yang mengaku pengikut-Nya. Dia ditentang oleh orang yang menganggap diri mereka orang saleh. Dia disalibkan oleh sekelompok orang yang merasa beragama. Kesemuanya itu memang bisa membuat kita merasa jengah dengan agama dan aktivitas kerohanian. Namun, respons Yesus atas semuanya itu sungguh menarik. Dia berkata, "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Sebagai manusia, sangat wajar apabila Yesus merasa kesal, jengah, marah dengan perlakuan yang diterima-Nya dari orang-orang beragama. Namun, Dia tidak membiarkan perasaan-Nya mengambil alih. Dia memilih tindakan yang tepat.

Saya yakin di antara kita pun ada yang mengalami kasus serupa, dikecewakan oleh sesama orang Kristen. Kita punya pilihan. Apakah kita akan membiarkan luka itu terus berkembang dan akhirnya menguasai hidup kita? Atau, kita memilih bertindak seperti Yesus, dengan melepaskan pengampunan? Memang tidak mudah, tapi semuanya diawali dengan sebuah keputusan. Satu keputusan bisa mengubah segalanya. --DP/www.renunganharian.net
   
PILIHANNYA ADALAH MEMENDAM RASA SAKIT HATI ATAU MENGAMPUNI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/10/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/10/06/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+23:33-43

Lukas 23:33-43

33  Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya.
34  Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.
35  Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah."
36  Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya
37  dan berkata: "Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!"
38  Ada juga tulisan di atas kepala-Nya: "Inilah raja orang Yahudi".
39  Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
40  Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
41  Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
42  Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
43  Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Matius+13-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+13-14

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar