(e-SH) 22 September -- Kisah Para Rasul 17:10-15 - Jadilah Saksi Kristus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 22 September 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 17:10-15

Judul: Jadilah Saksi Kristus

Di Tesalonika Paulus memberitakan Yesus sebagai Mesias yang dinantikan penggenapannya melalui nubuatan para nabi. Hal ini berhasil membuat beberapa orang Yahudi percaya dan menjadi pengikut Kristus. Mereka yang menolak ajaran para rasul membuat kegaduhan dengan cara menghasut dan menggelisahkan orang banyak (13).

Melihat situasi yang kurang mendukung, Paulus dan Silas menyingkir ke kota kecil Berea. Di sana kedua rasul tidak berhenti memberitakan firman Tuhan (10). Ancaman dari orang-orang Yahudi tidak mengendurkan semangat mereka memberitakan keselamatan Allah kepada bangsa-bangsa. Semangat yang kuat menjadi bahan bakar bagi Paulus dan Silas untuk memberitakan bahwa Yesus adalah Mesias. Hal ini memberikan dampak yang baik. Orang-orang Yahudi yang rindu menerima kabar baik difasilitasi untuk makin mantap memahami firman Tuhan dengan benar (11). Akhirnya banyak orang Yahudi dan Yunani yang percaya bahwa Yesus adalah Mesias (12).

Orang Yahudi yang tidak mau menerima Yesus datang ke Berea dan menghasut agar tidak memercayai Paulus dan Silas (13). Atas keadaan tersebut, Paulus hendak meninggalkan kota Berea agar situasinya dapat mereda dan Orang-orang percaya tetap terjaga dengan baik. Paulus akhirnya pergi menuju Atena. Silas dan Timotius tetap di Berea untuk mendampingi umat dan segera mungkin menyusul Paulus ke Atena (14-15).

Pada situasi sulit dan menekan sekali pun, para rasul tetap melakukan tugasnya untuk memberitakan bahwa Yesus adalah Mesias. Karena itu, sesama rekan sekerja perlu saling menguatkan satu sama lain.

Tugas orang percaya adalah menjadi saksi Kristus. Selain itu, dalam segala hal menyatakan damai sejahtera. Karena itu, marilah kita menjadi saluran kuasa kasih Allah dalam kehidupan orang lain.

Doa: Teguhkanlah hati kami untuk menjadi saksi Kristus sehingga dalam pikiran, perkataan, dan perbuatan kami menyatakan kasih dan kuasa Kristus. [JS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/09/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+17:10-15
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+17:10-15

Kisah Para Rasul 17:10-15

10  Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi.
11  Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.
12  Banyak di antara mereka yang menjadi percaya; juga tidak sedikit di antara perempuan-perempuan terkemuka dan laki-laki Yunani.
13  Tetapi ketika orang-orang Yahudi dari Tesalonika tahu, bahwa juga di Berea telah diberitakan firman Allah oleh Paulus, datang jugalah mereka ke sana menghasut dan menggelisahkan hati orang banyak.
14  Tetapi saudara-saudara menyuruh Paulus segera berangkat menuju ke pantai laut, tetapi Silas dan Timotius masih tinggal di Berea.
15  Orang-orang yang mengiringi Paulus menemaninya sampai di Atena, lalu kembali dengan pesan kepada Silas dan Timotius, supaya mereka selekas mungkin datang kepadanya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar