(e-SH) 25 Agustus -- Mazmur 35:17-28 - Terbukti Benar

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 25 Agustus 2018
Ayat SH: Mazmur 35:17-28

Judul: Terbukti Benar

Kisah cinta Rama dan Sinta dalam Epos Ramayana berakhir tragis. Setelah berjuang merebut Sinta dari Rahwana, Rama meragukan kesucian Sinta yang telah sekian lama tinggal di istana Rahwana. Sinta yang telah setia menjaga cintanya dengan berani mengurbankan dirinya dibakar untuk membuktikan kesuciannya. Karena tak melakukan kesalahan, dia berani menghadapi pengadilan dan terbukti bahwa dia benar.

Seorang yang bersalah akan takut menghadapi pengadilan. Jika terbukti bersalah, tentu dia akan menerima hukuman. Namun, seorang yang benar tidak pernah takut. Seperti itulah yang mendasari permohonan pemazmur di ayat 24: "Hakimilah aku sesuai dengan keadilan-Mu, ya TUHAN Allahku...." Ketika menghadapi orang-orang yang membencinya tanpa alasan, dia berani dihakimi untuk membuktikan dirinya benar. Dia tidak meminta perlakuan khusus dari Tuhan karena dirinya benar. Dia ingin dilepaskan dari orang-orang yang membencinya melalui jalur yang benar, yaitu pembuktian bahwa dirinya benar.

Bagaimana dengan hidup kita? Apakah kita dipenuhi ketakutan karena menyembunyikan kesalahan? Atau kita mencari cara untuk menutupi kesalahan kita? Betapa menyedihkan hidup seperti itu. Hidup penuh kepalsuan. Belajar dari pemazmur, kita diajak hidup dengan benar, walaupun tantangan sangat berat. Meskipun demikian, pemazmur memberikan jaminan bahwa hidup kita akan mendapat kelegaan. Kita dapat menjalani hidup dengan bersih.

Sekalipun didera tuduhan, kita akan terbukti benar. Kita dapat menghadapi kehidupan tanpa dihantui ketakutan karena tidak ada yang perlu disembunyikan, baik terhadap orang lain maupun Tuhan. Menghadapi pemeriksaan mendadak pun tidak perlu takut sebab kita akan ditemukan tidak bercacat cela dalam pekerjaan. Marilah kita hidup bersih dan tidak membuka celah bagi orang lain untuk menjatuhkan kita.

Doa: Tuhan, ajarilah kami untuk selalu hidup bersih sehingga kami dinyatakan benar di hadapan sesama manusia dan Tuhan. [THIE]



e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/08/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+35:17-28
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+35:17-28

Mazmur 35:17-28

17  Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari perusakan mereka, nyawaku dari singa-singa muda!
18  Aku mau menyanyikan syukur kepada-Mu dalam jemaah yang besar, di tengah-tengah rakyat yang banyak aku mau memuji-muji Engkau.
19  Janganlah sekali-kali bersukacita atas aku orang-orang yang memusuhi aku tanpa sebab, atau mengedip-ngedipkan mata orang-orang yang membenci aku tanpa alasan.
20  Karena mereka tidak membicarakan damai, dan terhadap orang-orang yang rukun di negeri mereka merancangkan penipuan,
21  mereka membuka mulutnya lebar-lebar terhadap aku dan berkata: "Syukur, syukur, mata kami telah melihatnya!"
22  Engkau telah melihatnya, TUHAN, janganlah berdiam diri, ya Tuhan, janganlah jauh dari padaku!
23  Terjagalah dan bangunlah membela hakku, membela perkaraku, ya Allahku dan Tuhanku!
24  Hakimilah aku sesuai dengan keadilan-Mu, ya TUHAN Allahku, supaya mereka jangan bersukacita atasku!
25  Janganlah mereka berkata dalam hatinya: "Syukur, itulah keinginan kami!" Dan janganlah mereka berkata: "Kami telah menelannya!"
26  Biarlah bersama-sama mendapat malu dan tersipu-sipu orang-orang yang bersukacita atas kemalanganku; biarlah berpakaian malu dan noda orang-orang yang membesarkan dirinya terhadap aku!
27  Biarlah bersorak-sorai dan bersukacita orang-orang yang ingin melihat aku dibenarkan! Biarlah mereka tetap berkata: "TUHAN itu besar, Dia menginginkan keselamatan hamba-Nya!"
28  Dan lidahku akan menyebut-nyebut keadilan-Mu, memuji-muji Engkau sepanjang hari.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar