(e-RH) 9 Agustus -- 1 Korintus 10:23-33 - KEKRISTENAN BANYAK LARANGAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Kamis, 9 Agustus 2018
Bacaan : 1 Korintus 10:23-33
Setahun: Yesaya 43-46
Nats: "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi tidak semua berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi tidak semua membangun. (1 Korintus 10:23)

Renungan:

KEKRISTENAN BANYAK LARANGAN

Saya pernah mendengar keluhan dari beberapa petobat baru, "Ada banyak larangan dalam agama Kristen. Ini tidak boleh, itu tidak boleh. Saya jadi tidak bebas menjalani hidup." Ada pula orang yang berkata bahwa sejak ia bersungguh-sungguh dalam imannya, hidupnya tak lagi bebas dan repot. "Berkata-kata kotor atau mengumpat pun tidak boleh, padahal semua orang melakukannya." Benarkah demikian?

Kecuali untuk perbuatan dosa atau kejahatan, Alkitab membolehkan kita melakukan segala sesuatu. Ukurannya adalah kemampuan untuk menilai apakah yang kita lakukan berguna, membangun, atau sebaliknya, tak berguna dan menghasilkan perilaku destruktif. Jika memang berguna dan membangun-artinya mendatangkan kebaikan bagi diri sendiri dan orang lain, maka orang percaya tidak dilarang apabila melakukannya. Lebih lanjut Paulus menegaskan bahwa apa pun yang kita lakukan, hendaklah dipikirkan juga apakah memuliakan nama Tuhan atau justru memalukan nama-Nya (ay. 31). Kita pun perlu menimbang apakah perbuatan kita dapat berdampak pada keselamatan mereka yang masih di luar Kristus, atau justru membuat mereka "alergi" dan menolak Kristus (ay. 33).

Kekristenan adalah perjalanan iman. Pertumbuhan iman akan menentukan kepekaan kita dalam membedakan antara perbuatan yang berguna, membangun, atau merugikan diri sendiri maupun orang lain. Selain iman, pemahaman kita akan kebenaran firman pun perlu bertumbuh, sehingga kita sedapat mungkin menjauhi perkara yang tak berguna dan tak membangun. --GHJ/www.renunganharian.net
   
BAGI ORANG YANG MENGASIHI TUHAN, LARANGAN PUN DAPAT DIANGGAP SEBAGAI TANDA KASIH DAN KEPEDULIAN ALLAH.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/08/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/08/09/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Korintus+10:23-33

1 Korintus 10:23-33

23  "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
24  Jangan seorangpun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.
25  Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
26  Karena: "bumi serta segala isinya adalah milik Tuhan."
27  Kalau kamu diundang makan oleh seorang yang tidak percaya, dan undangan itu kamu terima, makanlah apa saja yang dihidangkan kepadamu, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.
28  Tetapi kalau seorang berkata kepadamu: "Itu persembahan berhala!" janganlah engkau memakannya, oleh karena dia yang mengatakan hal itu kepadamu dan karena keberatan-keberatan hati nurani.
29  Yang aku maksudkan dengan keberatan-keberatan bukanlah keberatan-keberatan hati nuranimu sendiri, tetapi keberatan-keberatan hati nurani orang lain itu. Mungkin ada orang yang berkata: "Mengapa kebebasanku harus ditentukan oleh keberatan-keberatan hati nurani orang lain?
30  Kalau aku mengucap syukur atas apa yang aku turut memakannya, mengapa orang berkata jahat tentang aku karena makanan, yang atasnya aku mengucap syukur?"
31  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.
32  Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah.
33  Sama seperti aku juga berusaha menyenangkan hati semua orang dalam segala hal, bukan untuk kepentingan diriku, tetapi untuk kepentingan orang banyak, supaya mereka beroleh selamat.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yesaya+43-46
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yesaya+43-46

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar