(e-RH) 19 Agustus -- 1 Yohanes 1:1-4 - JADILAH SAKSI ASLI!

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Minggu, 19 Agustus 2018
Bacaan : 1 Yohanes 1:1-4
Setahun: Yeremia 19-22
Nats: Apa yang telah kami lihat dan telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamu pun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus. (1 Yohanes 1:3)

Renungan:

JADILAH SAKSI ASLI!

Saksi biasanya dihadirkan dalam persidangan untuk memperkuat pembuktian perkara. Ia diundang untuk menceritakan apa yang dilihat, didengar, diperhatikan, atau dialaminya sendiri. Sayangnya, kadang-kadang ada saksi palsu yang tidak dapat menceritakan kejadian yang sebenarnya. Bisa jadi ia takut jika ia bersaksi secara jujur, ia akan dianiaya atau hidupnya tidak aman. Ada juga saksi palsu yang rela disuap karena ia membutuhkan uang.

Dalam teks ini, ada pengulangan kata "lihat" sebanyak tiga kali (ay. 1-3), kata "dengar" dua kali (ay. 1, 3) dan kata "beritakan" dua kali (ay. 2-3). Hal ini menekankan pada esensi dasar bahwa seorang saksi yang asli perlu mengalami tiga kegiatan ini: melihat, mendengar, kemudian memberitakannya. Kegiatan ini yang membuat para rasul berani menjadi saksi-Nya yang asli. Kesaksian mereka tentang Yesus Kristus tidak dapat digentarkan oleh penganiayaan, bahkan suap sekalipun. Mereka menjadi saksi yang asli dan berharap semua orang memiliki persekutuan yang karib dengan Allah dan sesama (ay. 3).

Di zaman sekarang, menjadi saksi Kristus juga tak lepas dengan tantangan. Tantangan itu terkadang berupa perasaan malas, sungkan, takut jika dianggap mengkristenkan orang lain, dan sebagainya. Jika iman yang kita miliki berdasarkan pengalaman yang nyata bahwa Kristus hidup di dalam kita, dan kita memiliki persekutuan pribadi bersama-Nya, apakah Anda tidak terpanggil untuk menyaksikan iman Anda? --YDS/www.renunganharian.net
   
TUHAN INGIN SETIAP MURID-MURID-NYA MENJADI SAKSI ASLI, BUKAN SAKSI PALSU.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/08/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/08/19/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?1+Yohanes+1:1-4

1 Yohanes 1:1-4

 1  Apa yang telah ada sejak semula, yang telah kami dengar, yang telah kami lihat dengan mata kami, yang telah kami saksikan dan yang telah kami raba dengan tangan kami tentang Firman hidup--itulah yang kami tuliskan kepada kamu.
 2  Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.
 3  Apa yang telah kami lihat dan yang telah kami dengar itu, kami beritakan kepada kamu juga, supaya kamupun beroleh persekutuan dengan kami. Dan persekutuan kami adalah persekutuan dengan Bapa dan dengan Anak-Nya, Yesus Kristus.
 4  Dan semuanya ini kami tuliskan kepada kamu, supaya sukacita kami menjadi sempurna.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yeremia+19-22
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yeremia+19-22

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar