(e-RH) 18 Juli -- Yosua 14:6-15 - MEMELIHARA TUBUH

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 18 Juli 2018
Bacaan : Yosua 14:6-15
Setahun: Mazmur 139-143
Nats: "Pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk." (Yosua 14:11)

Renungan:

MEMELIHARA TUBUH

Pada bulan yang sama, saya melayat dua orang kenalan saya. Bedanya, orang pertama meninggal dalam usia lanjut. Adapun orang kedua meninggal dalam usia muda karena komplikasi penyakit. Penyebabnya, ia perokok berat, pecandu minuman keras, dan bergonta-ganti pasangan. Keluarganya, teman-temannya, termasuk saya, sering menasihatinya, bahkan menegur gaya hidupnya itu. Namun, ia mengeraskan hati sehingga tetap melakukan berbagai kebiasaan buruk yang merusak tubuhnya.

Usia kita di tangan Tuhan dan kematian terjadi atas kuasa Tuhan. Namun, menjaga dan merawat tubuh sepenuhnya keputusan kita. Perhatikan hidup Kaleb. Ia orang yang setia mengikut Tuhan dengan sepenuh hati (ay. 9). Bukan hanya dalam hal rohani saja Kaleb menjaga diri, tubuh jasmaninya pun ia jaga dengan sebaik-baiknya. Ia sadar tubuhnya adalah pemberian Tuhan yang harus dijaga baik-baik dan ia tahu janji Tuhan kepadanya harus didapatkan dengan usaha. Untuk mendapatkan Hebron, ia harus berperang dan hal itu butuh kekuatan fisik. Tidak heran, meski usianya sudah 85 tahun, tenaganya masih sama seperti waktu usia 40 tahun (ay. 7-11).

Bukan salah kita kalau dilahirkan dalam kondisi sakit atau berkebutuhan khusus. Menjadi salah kita, kalau dilahirkan dalam kondisi sehat dan tumbuh sehat, lalu menjadi sakit-sakitan karena tidak menjaga dan merawat tubuh. Mari kita hargai kehidupan dan usia yang Tuhan berikan kepada kita sampai sekarang, dengan memelihara dan merawat tubuh supaya sehat dan kuat. --RTG/www.renunganharian.net
   
MERAWAT DAN MENJAGA TUBUH ADALAH SALAH SATU BUKTI KITA MENGHARGAI BERKAT TUHAN.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2018/07/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2018/07/18/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yosua+14:6-15

Yosua 14:6-15

 6  Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, kepadanya: "Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah itu, tentang aku dan tentang engkau di Kadesh-Barnea.
 7  Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya.
 8  Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.
 9  Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati.
10  Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini;
11  pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk.
12  Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN."
13  Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya.
14  Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati.
15  Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+139-143
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+139-143

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2018 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA


0 komentar:

Posting Komentar