(e-SH) 5 Mei -- Kejadian 11:27-12:9 - Allah Memanggil Abram

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 5 Mei 2018
Ayat SH: Kejadian 11:27-12:9

Judul: Allah Memanggil Abram

Abram adalah anak Terah (27). Istrinya bernama Sarai, namun mandul (30). Terah hijrah ke Haran dan tinggal di sana sampai akhir hidupnya (32). Di Haran Allah menyatakan diri-Nya dan memanggil Abram pergi ke suatu tempat yang tidak disebutkan dengan jelas (12:1). Abram, Sarai, dan keponakannya, Lot, berangkat menaati perintah Allah (5). Dalam perjalanan, Tuhan berjanji akan memberikan keturunan kepada Abram (7).

Dalam kisah panggilan Allah terhadap Abram, memang tidak diceritakan apa yang menjadi pergumulan dan kegelisahan hatinya. Walaupun Abram dalam hidupnya suka berpindah-pindah (nomaden), setidaknya ada lokasi jelas yang hendak dituju. Tetapi, yang menjadi masalah adalah Tuhan tidak memberitahukan tujuan dan tempatnya. Hanya berdasarkan janji Allah itu, Abram langsung percaya dan berangkat.

Selain itu, kita juga melihat adanya pernyataan yang menyebutkan bahwa Sarai mandul. Kemandulan merupakan aib yang sangat mengganggu kehidupan berkeluarga. Dalam kondisi Sarai seperti itu, Allah justru menjanjikan keturunan kepada Abram. Keturunannya akan menduduki negeri impian yang dijanjikan Tuhan. Di sini menjadi jelas bahwa janji Allah meliputi dua hal, yaitu tanah dan keturunan. Kedua hal ini memainkan peranan penting dalam kehidupan masyarakat pada saat itu.

Selain tanah dan keturunan, Allah juga menjanjikan kemasyhuran kepada Abram bahwa namanya akan dikenal oleh banyak orang dan Abram sendiri akan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa (3). Dalam janji ini, kita melihat bahwa Allahlah yang berinisiatif, sedangkan Abram hanya pasif menaati dan bersabar menantikan penggenapan janji Allah.

Kisah Abram seharusnya menyadarkan kita bahwa Allah tidak pernah melihat atau mempertimbangkan prestasi dan kebaikan seseorang. Saat Allah memilih dan memanggil seseorang, Ia hanya menuntut respons dan kesetiaan manusia untuk menaati panggilan dan perintah-Nya. Jika kita bersedia, maka Tuhan akan memperlengkapi kita dengan hikmat dan kuasa-Nya. [ASP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/05/05/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+11:27-12:9
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kejadian+11:27-12:9

Kejadian 11:27-12:9

27  Inilah keturunan Terah. Terah memperanakkan Abram, Nahor dan Haran, dan Haran memperanakkan Lot.
28  Ketika Terah, ayahnya, masih hidup, matilah Haran di negeri kelahirannya, di Ur-Kasdim.
29  Abram dan Nahor kedua-duanya kawin; nama isteri Abram ialah Sarai, dan nama isteri Nahor ialah Milka, anak Haran ayah Milka dan Yiska.
30  Sarai itu mandul, tidak mempunyai anak.
31  Lalu Terah membawa Abram, anaknya, serta cucunya, Lot, yaitu anak Haran, dan Sarai, menantunya, isteri Abram, anaknya; ia berangkat bersama-sama dengan mereka dari Ur-Kasdim untuk pergi ke tanah Kanaan, lalu sampailah mereka ke Haran, dan menetap di sana.
32  Umur Terah ada dua ratus lima tahun; lalu ia mati di Haran.
 1  Berfirmanlah TUHAN kepada Abram: "Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu;
 2  Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat.
 3  Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat."
 4  Lalu pergilah Abram seperti yang difirmankan TUHAN kepadanya, dan Lotpun ikut bersama-sama dengan dia; Abram berumur tujuh puluh lima tahun, ketika ia berangkat dari Haran.
 5  Abram membawa Sarai, isterinya, dan Lot, anak saudaranya, dan segala harta benda yang didapat mereka dan orang-orang yang diperoleh mereka di Haran; mereka berangkat ke tanah Kanaan, lalu sampai di situ.
 6  Abram berjalan melalui negeri itu sampai ke suatu tempat dekat Sikhem, yakni pohon tarbantin di More. Waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu.
 7  Ketika itu TUHAN menampakkan diri kepada Abram dan berfirman: "Aku akan memberikan negeri ini kepada keturunanmu." Maka didirikannya di situ mezbah bagi TUHAN yang telah menampakkan diri kepadanya.
 8  Kemudian ia pindah dari situ ke pegunungan di sebelah timur Betel. Ia memasang kemahnya dengan Betel di sebelah barat dan Ai di sebelah timur, lalu ia mendirikan di situ mezbah bagi TUHAN dan memanggil nama TUHAN.
 9  Sesudah itu Abram berangkat dan makin jauh ia berjalan ke Tanah Negeb.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar