(e-SH) 26 Mei -- Kisah Para Rasul 4:23-31 - Berani Menghadapi Tantangan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 26 Mei 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 4:23-31

Judul: Berani Menghadapi Tantangan

Saat mewartakan Injil Kristus, suka atau tidak suka, setiap orang percaya harus berani menghadapi tantangan, baik yang berasal dari diri sendiri atau dari orang lain. Karena itu,

kita harus memiliki prinsip dan pedoman hidup, yaitu sebesar apa pun tantangan yang dihadapi, kita percaya bahwa Tuhan mampu menolong dan menopang umat-Nya untuk menjadi saksi-Nya dan berkat bagi sesamanya.

Pada perikop ini terlihat bahwa anggota Mahkamah Agama tidak memiliki alasan apa pun untuk menjerat Petrus dan Yohanes. Yang bisa dilakukan mereka hanyalah melarang kedua rasul Yesus itu melanjutkan kegiatan mengajar, berkhotbah, dan pemberitaan Injil. Keduanya pun dilepaskan dari hukuman. Bagi Petrus dan Yohanes, apa yang mereka alami tidak lepas dari perlindungan Allah.

Apa yang dilakukan Petrus dan para murid lainnya saat mereka berkumpul? Mereka bersekutu dan berbagi cerita, pengalaman, tantangan, dan kesaksian bagaimana Roh Allah menuntun dan memelihara kehidupan mereka. Meski ada rasa takut dan gentar, namun semua kesaksian yang mereka dengar memberikan kekuatan. Karena itu, mereka sepakat bersatu hati untuk berdoa bersama kepada Allah (24-30).

Kepasrahan mereka kepada Tuhan dalam doa menunjukkan bahwa mereka sangat memahami bahwa tugas pemberitaan Injil adalah milik Tuhan dan mereka ikut serta bertanggung jawab atas mandat tersebut. Selain itu, mereka juga menyadari ada risiko yang harus berani dipikul bersama-sama. Itu sebabnya mereka meminta kepada Allah kekuatan dan tuntunan Roh Kudus. Dengan kekuatan Roh Allah, mereka memiliki keberanian untuk berhadapan dengan tantangan apa pun.

Dalam pemberitaan Injil, doa memegang peranan yang penting. Dalam doa akan timbul kekuatan dan keberanian. Saat berdoa, kita menyadari bahwa kita tidak berjuang sendirian. Ada begitu banyak rekan seperjuangan yang mendukung kita. Dukungan itulah yang menciptakan ikatan kebersamaan dan menjadi kekuatan dalam menghadapi setiap tantangan. [JMN]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/05/26/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+4:23-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+4:23-31

Kisah Para Rasul 4:23-31

23  Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka.
24  Ketika teman-teman mereka mendengar hal itu, berserulah mereka bersama-sama kepada Allah, katanya: "Ya Tuhan, Engkaulah yang menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya.
25  Dan oleh Roh Kudus dengan perantaraan hamba-Mu Daud, bapa kami, Engkau telah berfirman: Mengapa rusuh bangsa-bangsa, mengapa suku-suku bangsa mereka-reka perkara yang sia-sia?
26  Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar berkumpul untuk melawan Tuhan dan Yang Diurapi-Nya.
27  Sebab sesungguhnya telah berkumpul di dalam kota ini Herodes dan Pontius Pilatus beserta bangsa-bangsa dan suku-suku bangsa Israel melawan Yesus, Hamba-Mu yang kudus, yang Engkau urapi,
28  untuk melaksanakan segala sesuatu yang telah Engkau tentukan dari semula oleh kuasa dan kehendak-Mu.
29  Dan sekarang, ya Tuhan, lihatlah bagaimana mereka mengancam kami dan berikanlah kepada hamba-hamba-Mu keberanian untuk memberitakan firman-Mu.
30  Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh nama Yesus, Hamba-Mu yang kudus."
31  Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar