(e-SH) 22 Mei -- Kisah Para Rasul 2:41-47 - Persekutuan Umat Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Selasa, 22 Mei 2018
Ayat SH: Kisah Para Rasul 2:41-47

Judul: Persekutuan Umat Allah

Sejak turunnya Roh Kudus terjadi perubahan dahsyat dalam kelompok orang percaya. Komunitas itu semakin berkembang karena Allah membuat banyak petobat baru percaya Yesus (Kis. 2:47b). Sebenarnya, pertumbuhan gereja perdana dalam catatan Lukas juga menjadi kerinduan gereja masa kini.

Selama ini kita berdoa setiap hari agar Tuhan menambahkan jumlah warga jemaat dengan petobat baru. Kita sadar bahwa masih banyak orang di luar Kristus yang hidupnya terjerat oleh kuasa Si Jahat. Misalnya, ada yang terjerumus dalam narkoba, judi, seks bebas, korupsi, penyakit HIV/ AIDS, mabuk-mabukan, dan lainnya. Kondisi ini secara perlahan menghancurkan dan membinasakan hidup mereka..

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana gereja dapat bertumbuh dan secara sehat? Ada beberapa hal yang dapat dipelajari dari jemaat perdana, antara lain: Pertama, belajar mengenai firman Allah secara lebih mendalam (42). Untuk mengetahui keluasan dan kekayaan kebenaran Allah dibutuhkan ketekunan dan keseriusan. Kedua, rajin mengikuti persekutuan (42, 46). Perlu diketahui bahwa Allah sering kali berkarya dalam hidup kita melalui persekutuan. Melalui persekutuan, setiap orang percaya saling dikuatkan imannya. Ketiga, saling berbagi terhadap saudara seiman (42, 44-45). Berbagi merupakan bentuk kepedulian dan cinta kasih kita kepada Allah dan sesama. Dalam berbagi, kita belajar mengikis keegoisan dalam diri. Sebab, kita menyadari bahwa semua yang kita miliki adalah pemberian Allah. Keempat, bersukacita senantiasa dalam Tuhan (47). Sebab dalam sukacita ada semangat hidup. Bahkan hati yang bersukacita dapat menjadi obat mujarab dalam menghadapi tekanan hidup.

Gereja terdiri atas banyak orang, yang beragam sifat, watak, cara berpikir, dan kebiasaannya. Keragaman itu sering kali memicu konflik di antara warga jemaat. Hanya dengan tekad yang kuat untuk menerapkan keempat prinsip tadi, Allah akan memercayakan petobat baru untuk dimuridkan dan dibina di dalam gereja kita. [OYNS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/05/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+2:41-47
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+2:41-47

Kisah Para Rasul 2:41-47

41  Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.
42  Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.
43  Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda.
44  Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama,
45  dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing.
46  Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati,
47  sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar