(e-SH) 30 Maret -- Markus 15:33-41 - Memahami Keagungan Kristus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 30 Maret 2018
Ayat SH: Markus 15:33-41

Judul: Memahami Keagungan Kristus

Hari ini kita memperingati Jumat Agung, hari mengenang pengurbanan Yesus di Kalvari demi menebus dosa seluruh umat manusia sebagai wujud kasih Allah.

Perhatikan keagungan Kristus saat kegelapan yang pekat terjadi selama tiga jam pada siang hari. Pada jam dua belas siang seharusnya matahari bersinar paling terang, namun yang terjadi adalah kegelapan total meliputi seluruh daerah itu (33; bdk. Am. 8:9). Hal itu menandakan bahwa kematian Yesus bukan peristiwa biasa karena orang benar dikorbankan. Dengan demikian, nubuat Amos terpenuhi. Bukan kegelapan biasa karena fenomena alam terjadi mengiringi penyaliban Yesus. Para persekutor melakukan segala daya upaya untuk memadamkan Terang Kebenaran, yang segera akan terbit kembali. Kegelapan ini hanya bersifat sementara.

Walaupun beban ditanggung oleh Kristus di kayu salib, tetapi dengan rela Ia memikulnya sampai akhir hidupnya. Seruan Yesus: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? (34) menyatakan bahwa dosa manusia telah ditanggungkan ke atas pundak-Nya.

Saat Yesus menyerahkan nyawa-Nya, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah (38). Peristiwa ini melambangkan karya Yesus membuka tabir pendamaian antara Allah dan manusia. Inilah keagungan Yesus bahwa pengurbanan-Nya tidak sia-sia. Kurban pendamaian telah dipersembahkan dan pintu pengampunan telah dibuka.

Hendaknya kita kagum akan perkataan kepala pasukan Romawi: "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!" (39). Dia telah mengamati dengan saksama penderitaan dan kematian Yesus dari dekat. Tentu ia melihat keagungan Yesus, sehingga spontan mengaku: "Ia Anak Allah!"

Bagaimana dengan kita sebagai orang percaya? Apa yang kita lihat dan maknai dari pengurbanan Kristus? Satu hal yang pasti, kita menerima anugerah Allah yang besar dari kematian Yesus. Sungguh agung dan tak terkira kasih Allah kepada manusia berdosa seperti kita. [SPS]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/03/30/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Markus+15:33-41
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+15:33-41

Markus 15:33-41

33  Pada jam dua belas, kegelapan meliputi seluruh daerah itu dan berlangsung sampai jam tiga.
34  Dan pada jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: "Eloi, Eloi, lama sabakhtani?", yang berarti: Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?
35  Mendengar itu, beberapa orang yang berdiri di situ berkata: "Lihat, Ia memanggil Elia."
36  Maka datanglah seorang dengan bunga karang, mencelupkannya ke dalam anggur asam lalu mencucukkannya pada sebatang buluh dan memberi Yesus minum serta berkata: "Baiklah kita tunggu dan melihat apakah Elia datang untuk menurunkan Dia."
37  Lalu berserulah Yesus dengan suara nyaring dan menyerahkan nyawa-Nya.
38  Ketika itu tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah.
39  Waktu kepala pasukan yang berdiri berhadapan dengan Dia melihat mati-Nya demikian, berkatalah ia: "Sungguh, orang ini adalah Anak Allah!"
40  Ada juga beberapa perempuan yang melihat dari jauh, di antaranya Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus Muda dan Yoses, serta Salome.
41  Mereka semuanya telah mengikut Yesus dan melayani-Nya waktu Ia di Galilea. Dan ada juga di situ banyak perempuan lain yang telah datang ke Yerusalem bersama-sama dengan Yesus.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar