(e-SH) 14 Maret -- Markus 13:14-23 - Menyelamatkan Harta atau Jiwa?

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 14 Maret 2018
Ayat SH: Markus 13:14-23

Judul: Menyelamatkan Harta atau Jiwa?

Seorang perampok memasuki sebuah rumah dan langsung menyandera pemilik rumah. Ia berkata, "Uang atau nyawa?" Pilihan yang sangat sulit, bagai makan buah simalakama. Dan suasananya pasti mencekam.

Suasana yang sama, bahkan lebih mencekam, akan terasa sewaktu Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya (14). Kelihatannya Yesus sedang bernubuat mengenai seseorang yang mendirikan berhala di tempat kudus di Bait Allah dan membuat orang-orang berpaling dari Allah dan menyembah berhala itu. Suasana genting tampak dari nasihat Sang Guru agar orang percaya menyelamatkan nyawanya (15-16).

Markus mengingatkan, jika saat penganiayaan tiba, orang percaya diminta untuk melepaskanlah semua hal duniawi dan lari menyelamatkan nyawa. Ketika kita menyelamatkan nyawa, kita tidak akan kehilangan kekayaan. Sebaliknya ketika kita menyelamatkan harta, kita akan kehilangan nyawa. Saat nyawa kita hilang, maka habislah semua dan tidak ada yang tersisa.

Kedatangan Tuhan yang cepat merupakan anugerah agar mereka yang masih setia dapat diselamatkan. Jika Tuhan menunda kedatangan-Nya, hampir dapat dipastikan tidak akan ada orang yang dapat diselamatkan. Dosa berkembang pesat, dan hampir tidak ada aktivitas di dunia ini yang bebas dari dosa. Semakin banyak penderitaan pada akhir zaman membuka kesempatan yang lebih luas bagi para mesias dan nabi palsu (22). Mereka melakukan berbagai mukjizat untuk menyesatkan umat pilihan Tuhan.

Semakin mendekati akhir zaman, semakin sulit bagi kita untuk membedakan manakah pekerjaan Tuhan atau Iblis. Karena Iblis tampil seperti malaikat yang menawarkan keselamatan. Para nabi dan mesias palsu menawarkan berbagai berkat dan janji yang manisnya seperti madu, tetapi ujungnya membawa orang menuju kebinasaan abadi.

Pilihlah hidup yang kekal karena keabadian lebih berharga dari apa pun. Untuk apa memiliki dunia, tetapi kita kehilangan nyawa? [SG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2018/03/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Markus+13:14-23
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Markus+13:14-23

Markus 13:14-23

14  "Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya--para pembaca hendaklah memperhatikannya--maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan.
15  Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun dan masuk untuk mengambil sesuatu dari rumahnya,
16  dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya.
17  Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu.
18  Berdoalah, supaya semuanya itu jangan terjadi pada musim dingin.
19  Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia, yang diciptakan Allah, sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi.
20  Dan sekiranya Tuhan tidak mempersingkat waktunya, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan yang telah dipilih-Nya, Tuhan mempersingkat waktunya.
21  Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau: Lihat, Mesias ada di sana, jangan kamu percaya.
22  Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan.
23  Hati-hatilah kamu! Aku sudah terlebih dahulu mengatakan semuanya ini kepada kamu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar