(e-SH) 15 Desember -- Daniel 10:1-14 - Camkanlah Firman Tuhan!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 15 Desember 2017
Ayat SH: Daniel 10:1-14

Judul: Camkanlah Firman Tuhan!

Usai membaca Alkitab, Si Pengkhotbah selalu berkata, "Berbahagialah orang yang mendengar firman Allah dan memeliharanya dalam hidup sehari-hari." Kalimat itu mengandung arti bahwa setiap orang yang bersedia mendengar dan melakukan firman Allah disebut orang yang berbahagia. Sebagai abdi Allah, Daniel berusaha mencamkan firman Allah di hati Allah selesai menyatakan-Nya (1). Di sini, kata "mencamkan" bermakna memerhatikan, meresapkan ke dalam pikiran, dan meyakini.

Firman Allah yang datang kepada Daniel berisi berita tentang tibanya masa penderitaan dan pencobaan dahsyat yang akan melibatkan dirinya dalam tugas yang berat. Ketika firman Allah itu datang, Daniel sudah bersiap-siap. Kesiapannya terjadi karena ia sadar akan keberdosaan bangsanya kepada Tuhan.

Upaya mencamkan firman Allah dilakukan dengan melakukan perkabungan selama tiga minggu (1). Pada masa perkabungan itu, ia makan makanan seadanya dalam jumlah sedikit supaya bisa bertahan hidup (2-3). Pada hari kedua puluh empat di tepi Sungai Tigris, tampaklah penglihatan lain kepada Daniel (4). Ia melihat seorang dengan berpakaian kain lenan berikat pinggang dari ufas (5). Sosok yang dilihat Daniel tetap sosok yang menimbulkan dampak luar biasa (7). Daniel sangat tergetar hingga hilanglah kekuatannya dan jatuh pingsan tertelungkup ke tanah (8-9). Namun, ada sentuhan tangan yang membuatnya bangun (10). Orang tersebut menegaskan bahwa Daniel dikasihi oleh Tuhan. Sebagai orang yang dikasihi Tuhan, Daniel harus mencamkan firman-Nya supaya mendapat kekuatan, tidak takut menghadapi kesulitan hidup, dan mengerti rahasia yang akan terjadi pada masa mendatang (11-14).

Mencamkan firman Tuhan adalah tindakan aktif untuk menemukan makna dari firman-Nya. Mencamkan firman-Nya juga merupakan upaya seseorang untuk meresapkan kebenaran Allah dalam pikiran yang disertai dengan tindakan konkret. Sebab kebenaran Allah akan menuntun hidup kita menuju kehidupan yang hanya terarah kepada Allah. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/12/15/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+10:1-14
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+10:1-14

Daniel 10:1-14

 1  Pada tahun ketiga pemerintahan Koresh, raja orang Persia, suatu firman dinyatakan kepada Daniel yang diberi nama Beltsazar; firman itu benar dan mengenai kesusahan yang besar. Maka dicamkannyalah firman itu dan diperhatikannyalah penglihatan itu.
 2  Pada waktu itu aku, Daniel, berkabung tiga minggu penuh:
 3  makanan yang sedap tidak kumakan, daging dan anggur tidak masuk ke dalam mulutku dan aku tidak berurap sampai berlalu tiga minggu penuh.
 4  Pada hari kedua puluh empat bulan pertama, ketika aku ada di tepi sungai besar, yakni sungai Tigris,
 5  kuangkat mukaku, lalu kulihat, tampak seorang yang berpakaian kain lenan dan berikat pinggang emas dari ufas.
 6  Tubuhnya seperti permata Tarsis dan wajahnya seperti cahaya kilat; matanya seperti suluh yang menyala-nyala, lengan dan kakinya seperti kilau tembaga yang digilap, dan suara ucapannya seperti gaduh orang banyak.
 7  Hanya aku, Daniel, melihat penglihatan itu, tetapi orang-orang yang bersama-sama dengan aku, tidak melihatnya; tetapi mereka ditimpa oleh ketakutan yang besar, sehingga mereka lari bersembunyi;
 8  demikianlah aku tinggal seorang diri. Ketika aku melihat penglihatan yang besar itu, hilanglah kekuatanku; aku menjadi pucat sama sekali, dan tidak ada lagi kekuatan padaku.
 9  Lalu kudengar suara ucapannya, dan ketika aku mendengar suara ucapannya itu, jatuh pingsanlah aku tertelungkup dengan mukaku ke tanah.
10  Tetapi ada suatu tangan menyentuh aku dan membuat aku bangun sambil bertumpu pada lutut dan tanganku.
11  Katanya kepadaku: "Daniel, engkau orang yang dikasihi, camkanlah firman yang kukatakan kepadamu, dan berdirilah pada kakimu, sebab sekarang aku diutus kepadamu." Ketika hal ini dikatakannya kepadaku, berdirilah aku dengan gemetar.
12  Lalu katanya kepadaku: "Janganlah takut, Daniel, sebab telah didengarkan perkataanmu sejak hari pertama engkau berniat untuk mendapat pengertian dan untuk merendahkan dirimu di hadapan Allahmu, dan aku datang oleh karena perkataanmu itu.
13  Pemimpin kerajaan orang Persia berdiri dua puluh satu hari lamanya menentang aku; tetapi kemudian Mikhael, salah seorang dari pemimpin-pemimpin terkemuka, datang menolong aku, dan aku meninggalkan dia di sana berhadapan dengan raja-raja orang Persia.
14  Lalu aku datang untuk membuat engkau mengerti apa yang akan terjadi pada bangsamu pada hari-hari yang terakhir; sebab penglihatan ini juga mengenai hari-hari itu."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar