(e-SH) 25 November -- Daniel 4:1-7 - Berhenti Menduakan Tuhan!

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 25 November 2017
Ayat SH: Daniel 4:1-7

Judul: Berhenti Menduakan Tuhan!

Dalam bahasa Jawa terdapat ungkapan wang-sinawang. Ungkapan ini memiliki arti sebagai berikut: ketika kita melihat orang lain, seolah-olah hidupnya serba enak, tidak punya masalah, bahagia, dan sebagainya. Demikian juga dengan kehidupan Nebukadnezar. Sebagai penguasa, ia sukses menjalankan pemerintahannya. Dengan tangan besinya, kerajaan Babel menjadi kukuh dan aman dari ancaman musuh. Mereka maju dalam seni, budaya, ekonomi, mahir dalam mendirikan bangunan yang megah, dan kekuasaannya terbentang luas meliputi segala suku, bangsa, dan bahasa (1).

Siapa yang pernah menduga kalau Nebukadnezar selalu dihantui oleh kegelisahan. Walaupun ia mendiami istana yang megah, bergelimang kekayaan, dan memiliki kekuasaan yang besar, namun semuanya itu tidak dapat menenteramkan gejolak batinnya. Semua kegelisahan hatinya berawal dari mimpinya. Dalam mimpinya, Raja Nebukadnezar melihat berbagai khayalan dan penglihatan (5). Ia merasa bahwa mimpinya merupakan teguran dari Tuhan. Alih-alih mencari Allah yang hidup untuk mendapatkan ketenangan dan jawaban atas apa yang dilihatnya, sebaliknya Nebukadnezar mengundang orang-orang berilmu, ahli jampi, para Kasdim, dan ahli nujum. Mereka diminta untuk menghadapnya dan memberitahukan makna dari semua hal yang menggelisahkan hatinya (7). Kenyataannya, mereka tidak mampu menjelaskan makna dari mimpi dan penglihatan Nebukadnezar (7).

Dualisme dan sinkretisme adalah paham atau ideologi yang sering kali membawa umat Allah jatuh dalam perzinaan rohani. Banyak sekali orang Kristen yang mengaku percaya kepada Kristus, namun saat yang sama masih mencari paranormal dan kuasa gaib untuk mengatasi persoalan hidup. Di sinilah iman kepada Allah dipertaruhkan. Akhirnya, alih-alih mendapat solusi, malahan mereka menambah masalah baru. Marilah kita belajar hidup setia dan menjadikan Allah dalam Kristus sebagai satu-satunya sumber solusi atas hidup kita. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/11/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+4:1-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+4:1-7

Daniel 4:1-7

 1  Dari raja Nebukadnezar kepada orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa, yang diam di seluruh bumi: "Bertambah-tambahlah kiranya kesejahteraanmu!
 2  Aku berkenan memaklumkan tanda-tanda dan mujizat-mujizat[1:21839] yang telah dilakukan Allah yang maha tinggi kepadaku.
 3  Betapa besarnya tanda-tanda-Nya dan betapa hebatnya mujizat-mujizat-Nya! Kerajaan-Nya adalah kerajaan yang kekal dan pemerintahan-Nya turun-temurun!
 4  Aku, Nebukadnezar, diam dalam rumahku dengan tenang dan hidup dengan senang dalam istanaku;
 5  lalu aku mendapat mimpi yang mengejutkan aku, dan khayalanku di tempat tidurku serta penglihatan-penglihatan yang kulihat menggelisahkan aku.
 6  Maka aku mengeluarkan titah, bahwa semua orang bijaksana di Babel harus dibawa menghadap aku, supaya mereka memberitahukan kepadaku makna mimpi itu.
 7  Kemudian orang-orang berilmu, ahli jampi, para Kasdim dan ahli nujum datang menghadap dan aku menceritakan kepada mereka mimpi itu, tetapi mereka tidak dapat memberitahukan maknanya kepadaku.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar