(e-SH) 22 November -- Daniel 3:1-7 - Sembahlah Allah

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 22 November 2017
Ayat SH: Daniel 3:1-7

Judul: Sembahlah Allah

Akibat melanggar komitmen, Nebukadnezar lupa pada pernyataan yang pernah diucapkannya bahwa Allah Daniel adalah Allah yang berkuasa mengatasi segala allah (bdk. Dan. 2:47). Hilangnya komitmen pribadi membuahkan kesalahan fatal dalam kehidupan Nebukadnezar.

Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang tingginya enam puluh hasta (sekitar 27 meter) dan lebarnya enam hasta (sekitar 2, 7 meter). Letak patung itu ada di dataran Dura wilayah Babel. Bahan-bahan pembuatan patung itu terbuat dari emas murni. Tidak heran apabila patung emas yang berdiri tegak dan menjulang tinggi itu membuat setiap orang yang melihatnya berdecak kagum karena takjub.

Patung emas telah menjadi simbol kebanggaan dan wibawa kerajaan Babel. Sebagai orang Babel yang terbiasa melakukan ritual keagamaan, patung itu menjadi sarana penyembahan kepada dewa-dewi Babel. Saat patung akan diresmikan, seluruh warga negara dan para pembesar kerajaan diundang untuk menyaksikan penahbisan patung emas itu (3). Upacara penahbisan patung dilakukan dengan ritual ala Babel. Dalam ritual itu, seorang bentara berseru dengan suara nyaring bahwa Raja Nebukadnezar menitahkan kepada segala bangsa, suku, dan bahasa untuk menyembah patung itu saat mereka mendengar bunyi-bunyian sangkakala, seruling, kecapi, dan lainnya (4-5). Barangsiapa tidak menyembah patung emas akan dicampakkan seketika ke dalam api (6). Keputusan Nebukadnezar ini menjadi ancaman bagi orang-orang Yehuda yang ada di wilayah Babel. Sebab mereka hanya menyembah Allah yang hidup dan bukan patung buatan manusia.

Pada zaman sekarang, tindakan Nebukadnezar masih sering kali dipraktikkan oleh banyak orang dengan cara sinkretisme agama. Banyak orang menggadaikan imannya kepada allah lain dan melupakan Allah Sang Pencipta. Pertanyaan adalah apakah kita siap sedia mempertahankan iman kepada Allah dalam Kristus? Untuk itu dibutuhkan komitmen dan tekad yang kuat untuk memelihara kesetiaan kepada Allah. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/11/22/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+3:1-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+3:1-7

Daniel 3:1-7

 1  Raja Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang tingginya enam puluh hasta dan lebarnya enam hasta yang didirikannya di dataran Dura di wilayah Babel.
 2  Lalu raja Nebukadnezar menyuruh orang mengumpulkan para wakil raja, para penguasa, para bupati, para penasihat negara, para bendahara, para hakim, para ahli hukum dan semua kepala daerah, untuk menghadiri pentahbisan patung yang telah didirikannya itu.
 3  Lalu berkumpullah para wakil raja, para penguasa, para bupati, para penasihat negara, para bendahara, para hakim, para ahli hukum dan semua kepala daerah, untuk menghadiri pentahbisan patung yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu.
 4  Dan berserulah seorang bentara dengan suara nyaring: "Beginilah dititahkan kepadamu, hai orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa:
 5  demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, maka haruslah kamu sujud menyembah patung yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu;
 6  siapa yang tidak sujud menyembah, akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala!"
 7  Sebab itu demi segala bangsa mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, maka sujudlah orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa, dan menyembah patung emas yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar