(e-SH) 17 November -- Daniel 2:13-23 - Allah adalah Sumber Hikmat

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 17 November 2017
Ayat SH: Daniel 2:13-23

Judul: Allah adalah Sumber Hikmat

Tidak dapat dipungkiri bahwa titah Nebukadnezar telah menjadi momok bagi kaum terpelajar yang berada di bawah kekuasaan Babel. Daniel dan para sahabatnya pun tidak terkecuali walaupun mereka adalah penasihat raja (13). Karena itu, Daniel berupaya memikirkan strategi yang tepat agar seluruh orang bijak di Babel terluput dari ancaman raja. Melalui kecerdikan dan hikmatnya, Daniel mencari informasi dari Ariokh perihal kerasnya titah Sang Raja (14-15). Pertanyaan itu bisa menjadi sarana mencari jawaban dan solusi terbaik.

Sebagai pribadi yang cerdik dan berhikmat, Daniel berinisiatif menemui raja untuk menunda pelaksanaan titahnya dan memberinya waktu untuk dapat mengartikan makna mimpi Nebukadnezar (16). Setelah raja menyetujui usul Daniel, ia pun menyampaikan kepada Hanaya, Misael, dan Azarya perihal hasil pertemuan dengan raja (17). Daniel meminta para sahabatnya untuk memohon belas kasihan Allah agar Ia mau menyingkapkan makna dari misteri mimpi Nebukadnezar (18).

Melalui pergumulan dan doa, akhirnya Allah memberikan penglihatan kepada Daniel (19). Pada masa itu, penglihatan dianggap sebagai bentuk penyataan Allah yang lebih tinggi dibandingkan mimpi. Sebab itu, Daniel bersyukur karena Allah berkenan menyatakan penglihatan tersebut kepadanya. Dalam syukurnya, ia menaikkan mazmur pujian kepada Allah karena Ia adalah sumber hikmat dan kekuatan (20). Dengan kuasa-Nya, Allah mampu mengubah saat dan waktu; Ia mempunyai kekuasaan jauh lebih tinggi dari para raja dunia; Ia mampu mengangkat dan memecat seorang raja; Ia juga memberi pengetahuan dan pengertian kepada orang bijak (21-22). Allah seperti ini sudah berkarya sejak zaman leluhur Israel (23).

Dalam kehidupan sehari-hari, kita membutuhkan hikmat dan kekuatan Allah. Karena seberapa pun hebatnya kepintaran seseorang pasti memiliki batasan. Sebab itu, janganlah ragu datang kepada Allah apabila kita mempunyai masalah dan pergumulan. Ia pasti menolong kita. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/11/17/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+2:13-23
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+2:13-23

Daniel 2:13-23

13  Ketika titah dikeluarkan supaya orang-orang bijaksana dibunuh, maka Daniel dan teman-temannyapun terancam akan dibunuh.
14  Lalu berkatalah Daniel dengan cerdik dan bijaksana kepada Ariokh, pemimpin pengawal raja yang telah pergi untuk membunuh orang-orang bijaksana di Babel itu,
15  katanya kepada Ariokh, pembesar raja itu: "Mengapa titah yang begitu keras ini dikeluarkan oleh raja?" Lalu Ariokh memberitahukan hal itu kepada Daniel.
16  Maka Daniel menghadap raja dan meminta kepadanya, supaya ia diberi waktu untuk memberitahukan makna itu kepada raja.
17  Kemudian pulanglah Daniel dan memberitahukan hal itu kepada Hananya, Misael dan Azarya, teman-temannya,
18  dengan maksud supaya mereka memohon kasih sayang kepada Allah semesta langit mengenai rahasia itu, supaya Daniel dan teman-temannya jangan dilenyapkan bersama-sama orang-orang bijaksana yang lain di Babel.
19  Maka rahasia itu disingkapkan kepada Daniel dalam suatu penglihatan malam. Lalu Daniel memuji Allah semesta langit.
20  Berkatalah Daniel: "Terpujilah nama Allah dari selama-lamanya sampai selama-lamanya, sebab dari pada Dialah hikmat dan kekuatan!
21  Dia mengubah saat dan waktu, Dia memecat raja dan mengangkat raja, Dia memberi hikmat kepada orang bijaksana dan pengetahuan kepada orang yang berpengertian;
22  Dialah yang menyingkapkan hal-hal yang tidak terduga dan yang tersembunyi, Dia tahu apa yang ada di dalam gelap, dan terang ada pada-Nya.
23  Ya Allah nenek moyangku, kupuji dan kumuliakan Engkau, sebab Engkau mengaruniakan kepadaku hikmat dan kekuatan, dan telah memberitahukan kepadaku sekarang apa yang kami mohon kepada-Mu: Engkau telah memberitahukan kepada kami hal yang dipersoalkan raja."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar