(e-SH) 13 November -- Daniel 1:1-5 - Menghadapi Kenyataan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 13 November 2017
Ayat SH: Daniel 1:1-5

Judul: Menghadapi Kenyataan

Saat menghadapi berbagai kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan, tidak sedikit orang kehilangan arah dan tujuan hidup. Dalam situasi demikian, semua yang dikerjakan terasa hampa dan tiada berguna. Pembelajaran apa yang didapat melalui kenyataan hidup?

Pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim sebagai raja Yehuda, Nebukadnezar mengepung dan menaklukkan Yerusalem. Kekalahan Israel di luar dugaan. Sebelum mengalami kekalahan itu mereka berkeyakinan bahwa Tuhan akan menjadikan Yehuda sebagai kerajaan yang luar biasa besarnya. Kenyataan berkata lain sebab mereka ditaklukkan oleh kerajaan Babilonia (1).

Setelah dikalahkan oleh bala tentara Nebukadnezar, Israel semakin terpuruk. Yoyakim, raja Yehuda ditawan ke Babel. Dengan diserahkannya Yoyakim berarti sudah tidak ada lagi simbol kekuasaan di Yehuda. Karena itu, dengan leluasa Babel menjarah berbagai perkakas di rumah Allah. Semuanya dibawa ke tanah Sinear untuk diserahkan ke perbendaharaan para dewa mereka (2). Kenyataan ini sangat memilukan. Sebab perbendaharaan Bait Allah diserahkan pada dewa-dewa Babel.

Setelah simbol kekuasaan hancur, maka simbol keagamaan juga runtuh dan orang-orang Israel dibawa ke negeri Babel untuk dijadikan tawanan perang. Mereka yang dibawa ke Babel menjadi tawanan adalah orang Israel, keturunan raja, dan kaum bangsawan (3), orang-orang muda yang tidak bercela dan berperawakan baik, yang memahami hikmat dan pengetahuan. Orang-orang itu akan dididik dan selanjutnya bekerja bagi raja (5). Dengan demikian, Yehuda menjadi keropos. Itulah kenyataan pahit bangsa Yehuda karena mereka mengabaikan didikan Tuhan.

Pada kenyataannya, realitas hidup tidak selalu berjalan mulus sesuai harapan kita. Kalau begitu apa yang patut kita lakukan? Pertama, belajar menerima kenyataan meskipun hal itu memahitkan. Dengan demikian, kita akan kuat menghadapi kenyataan. Kedua, menyerahkan diri dan persoalan kepada Tuhan. [WSP]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/11/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+1:1-5
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+1:1-5

Daniel 1:1-5

 1  Pada tahun yang ketiga pemerintahan Yoyakim, raja Yehuda, datanglah Nebukadnezar, raja Babel, ke Yerusalem, lalu mengepung kota itu.
 2  Tuhan menyerahkan Yoyakim, raja Yehuda, dan sebagian dari perkakas-perkakas di rumah Allah ke dalam tangannya. Semuanya itu dibawanya ke tanah Sinear, ke dalam rumah dewanya; perkakas-perkakas itu dibawanya ke dalam perbendaharaan dewanya.
 3  Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan,
 4  yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim.
 5  Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar