(e-RH) 4 November -- Nehemia 2:1-8 - BISIK-DOA CARTER

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 4 November 2017
Bacaan : Nehemia 2:1-8
Setahun: Yohanes 9-10
Nats: Lalu kata raja kepadaku: "Jadi, apa yang kauinginkan?" Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit. (Nehemia 2:4)

Renungan:

BISIK-DOA CARTER

Pada 17 September 1978 Perjanjian Camp David ditandatangani sekaligus menandai berakhirnya perang antara Mesir dan Israel yang telah banyak memakan korban jiwa. Banyak pihak merasa lega. Namun, tak banyak yang mengetahui, perjanjian damai tersebut nyaris gagal. Di tengah suasana panas dan kritis, Presiden Jimmy Carter mengambil langkah menerabas kebekuan demi melunakkan hati kedua pemimpin negara yang sedang bertikai. Ia mengawali tindakan itu dengan sejenak berdoa kepada Tuhan, seperti yang selalu dilakukannya. Tuhan mengabulkan doanya.

Bisik-doa Carter serupa dengan yang dilakukan Nehemia, juru minuman raja Persia, Artahsasta (ay. 1). Sebelum menjawab pertanyaan baginda dalam percakapan yang penting dan menegangkan itu, Nehemia berdoa, dan Tuhan mengabulkannya. Percakapan yang ikut menentukan hari depan bangsa yang baru pulang dari pembuangan di Babel itu membuahkan hasil. Raja menandatangani surat-surat yang kelak memperlancar pembangunan kembali tembok Yerusalem pada 445 SM (ay. 7-8).

Walaupun tak banyak diketahui, bisik-doa acapkali menopang kata-kata, tindakan, dan pelbagai peristiwa penting di dunia atau di dalam hidup kita. Bisik-doa melunakkan hati yang keras, menenangkan jantung yang berdebar, melembutkan ucapan, dan menyejukkan suasana yang ikut membuahkan keputusan-keputusan yang berdampak luas. Dunia ini, masyarakat kita, gereja, dan keluarga kita membutuhkan bisik-doa kita. Jadi, jangan pernah merasa sia-sia berdoa. --PAD/www.renunganharian.net
   
JANGAN MEMANDANG RENDAH BISIK-DOA, BANYAK PERISTIWA BESAR DITOPANG OLEHNYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/11/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/11/04/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Nehemia+2:1-8

Nehemia 2:1-8

 1  Pada bulan Nisan tahun kedua puluh pemerintahan raja Artahsasta, ketika menjadi tugasku untuk menyediakan anggur, aku mengangkat anggur dan menyampaikannya kepada raja. Karena aku kelihatan sedih, yang memang belum pernah terjadi di hadapan raja,
 2  bertanyalah ia kepadaku: "Mengapa mukamu muram, walaupun engkau tidak sakit? Engkau tentu sedih hati." Lalu aku menjadi sangat takut.
 3  Jawabku kepada raja: "Hiduplah raja untuk selamanya! Bagaimana mukaku tidak akan muram, kalau kota, tempat pekuburan nenek moyangku, telah menjadi reruntuhan dan pintu-pintu gerbangnya habis dimakan api?"
 4  Lalu kata raja kepadaku: "Jadi, apa yang kauinginkan?" Maka aku berdoa kepada Allah semesta langit,
 5  kemudian jawabku kepada raja: "Jika raja menganggap baik dan berkenan kepada hambamu ini, utuslah aku ke Yehuda, ke kota pekuburan nenek moyangku, supaya aku membangunnya kembali."
 6  Lalu bertanyalah raja kepadaku, sedang permaisuri duduk di sampingnya: "Berapa lama engkau dalam perjalanan, dan bilakah engkau kembali?" Dan raja berkenan mengutus aku, sesudah aku menyebut suatu jangka waktu kepadanya.
 7  Berkatalah aku kepada raja: "Jika raja menganggap baik, berikanlah aku surat-surat bagi bupati-bupati di daerah seberang sungai Efrat, supaya mereka memperbolehkan aku lalu sampai aku tiba di Yehuda.
 8  Pula sepucuk surat bagi Asaf, pengawas taman raja, supaya dia memberikan aku kayu untuk memasang balok-balok pada pintu-pintu gerbang di benteng bait suci, untuk tembok kota dan untuk rumah yang akan kudiami." Dan raja mengabulkan permintaanku itu, karena tangan Allahku yang murah melindungi aku.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Yohanes+9-10
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yohanes+9-10

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar