(e-RH) 10 November -- Kejadian 41:37-57 - ZAFNAT-PAANEAH

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Jumat, 10 November 2017
Bacaan : Kejadian 41:37-57
Setahun: Kisah Para Rasul 4-6
Nats: Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir. (Kejadian 41:45)

Renungan:

ZAFNAT-PAANEAH

Yusuf diberi nama Zafnat-Paaneah oleh Firaun, ketika ia dinobatkan sebagai pemimpin di Mesir. Menurut para penafsir, sebutan itu berarti "penyelamat zaman" atau "penyelamat dunia". Entah mengapa Firaun menjuluki Yusuf dengan nama itu. Namun, jika menilik arti katanya, sebutan itu sangat "pas" dengan peran Yusuf di Mesir. Allah memakai Yusuf untuk menyelamatkan Mesir dan seluruh bumi, yang pada masa itu dilanda bencana kelaparan hebat.

Penobatan yang dilakukan oleh Firaun merupakan penggenapan dari dua mimpi yang pernah Yusuf terima saat berusia 17 tahun. Pesan dari dua mimpi itu selaras, bahwa suatu saat Yusuf akan berkuasa, bahkan keluarganya akan datang sujud kepadanya. Berkas gandum yang dilihat oleh Yusuf dalam mimpinya menjadi pertanda bahwa kelak Yusuf akan dipakai Allah dalam hal yang berkaitan dengan kebutuhan makanan. Ketika Yusuf dinobatkan menjadi "wakil Firaun" di Mesir, Yusuf pasti teringat akan dua mimpi yang pernah Allah berikan. Nama yang diberikan oleh Firaun pun seperti menjadi peneguhan, bahwa Yusuf memang ditetapkan oleh Allah untuk menjadi penyelamat dunia pada zaman itu.

Melalui kisah Yusuf, kita diingatkan bahwa Allah tak pernah ingkar janji. Ia juga sanggup memakai banyak cara, juga memakai siapa pun yang dikehendaki-Nya, supaya janji-Nya tergenapi dalam kehidupan umat-Nya. Sebagaimana Allah menggenapi janji-Nya dan memakai Yusuf untuk menjadi berkat bagi banyak orang, pada waktu yang tepat, Allah juga akan menggenapi janji-Nya dan memakai kita menjadi berkat. --GHJ/www.renunganharian.net
   
TIDAK PERNAH ADA YANG KEBETULAN DALAM HIDUP KITA. SEMUANYA TELAH DIRANCANG OLEH-NYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/11/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/11/10/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kejadian+41:37-57

Kejadian 41:37-57

37  Usul itu dipandang baik oleh Firaun dan oleh semua pegawainya.
38  Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?"
39  Kata Firaun kepada Yusuf: "Oleh karena Allah telah memberitahukan semuanya ini kepadamu, tidaklah ada orang yang demikian berakal budi dan bijaksana seperti engkau.
40  Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu."
41  Selanjutnya Firaun berkata kepada Yusuf: "Dengan ini aku melantik engkau menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir."
42  Sesudah itu Firaun menanggalkan cincin meterainya dari jarinya dan mengenakannya pada jari Yusuf; dipakaikannyalah kepada Yusuf pakaian dari pada kain halus dan digantungkannya kalung emas pada lehernya.
43  Lalu Firaun menyuruh menaikkan Yusuf dalam keretanya yang kedua, dan berserulah orang di hadapan Yusuf: "Hormat!" Demikianlah Yusuf dilantik oleh Firaun menjadi kuasa atas seluruh tanah Mesir.
44  Berkatalah Firaun kepada Yusuf: "Akulah Firaun, tetapi dengan tidak setahumu, seorangpun tidak boleh bergerak di seluruh tanah Mesir."
45  Lalu Firaun menamai Yusuf: Zafnat-Paaneah, serta memberikan Asnat, anak Potifera, imam di On, kepadanya menjadi isterinya. Demikianlah Yusuf muncul sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.
46  Yusuf berumur tiga puluh tahun ketika ia menghadap Firaun, raja Mesir itu. Maka pergilah Yusuf dari depan Firaun, lalu dikelilinginya seluruh tanah Mesir.
47  Tanah itu mengeluarkan hasil bertumpuk-tumpuk dalam ketujuh tahun kelimpahan itu,
48  maka Yusuf mengumpulkan segala bahan makanan ketujuh tahun kelimpahan yang ada di tanah Mesir, lalu disimpannya di kota-kota; hasil daerah sekitar tiap-tiap kota disimpan di dalam kota itu.
49  Demikianlah Yusuf menimbun gandum seperti pasir di laut, sangat banyak, sehingga orang berhenti menghitungnya, karena memang tidak terhitung.
50  Sebelum datang tahun kelaparan itu, lahirlah bagi Yusuf dua orang anak laki-laki, yang dilahirkan oleh Asnat, anak Potifera, imam di On.
51  Yusuf memberi nama Manasye kepada anak sulungnya itu, sebab katanya: "Allah telah membuat aku lupa sama sekali kepada kesukaranku dan kepada rumah bapaku."
52  Dan kepada anaknya yang kedua diberinya nama Efraim, sebab katanya: "Allah membuat aku mendapat anak dalam negeri kesengsaraanku."
53  Setelah lewat ketujuh tahun kelimpahan yang ada di tanah Mesir itu,
54  mulailah datang tujuh tahun kelaparan, seperti yang telah dikatakan Yusuf; dalam segala negeri ada kelaparan, tetapi di seluruh negeri Mesir ada roti.
55  Ketika seluruh negeri Mesir menderita kelaparan, dan rakyat berteriak meminta roti kepada Firaun, berkatalah Firaun kepada semua orang Mesir: "Pergilah kepada Yusuf, perbuatlah apa yang akan dikatakannya kepadamu."
56  Kelaparan itu merajalela di seluruh bumi. Maka Yusuf membuka segala lumbung dan menjual gandum kepada orang Mesir, sebab makin hebat kelaparan itu di tanah Mesir.
57  Juga dari seluruh bumi datanglah orang ke Mesir untuk membeli gandum dari Yusuf, sebab hebat kelaparan itu di seluruh bumi.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+4-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Kisah+Para+Rasul+4-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar