(e-RH) 7 Oktober -- Kisah Para Rasul 16:19-34 - CARA TUHAN MENYELAMATKAN

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 7 Oktober 2017
Bacaan : Kisah Para Rasul 16:19-34
Setahun: Matius 15-17
Nats: Jawab mereka, "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu." (Kisah Para Rasul 16:31)

Renungan:

CARA TUHAN MENYELAMATKAN

Ibu saya mengenal Yesus secara unik. Ketika masih gadis, ia berkunjung ke rumah tetangga, seorang penjahit pemeluk Kristen. Ia melihat sebuah buku nyanyian gereja, lalu terlibat dalam obrolan ringan. Entah bagaimana, sejak itu muncul keinginan dalam dirinya untuk pergi ke gereja. Kebetulan orangtuanya tidak melarangnya sekalipun berbeda keyakinan. Singkat cerita, ibu saya lalu bergabung dengan salah satu gereja, dibaptis, dan menjadi Kristen hingga sekarang.

Pengalaman kepala penjara di Filipi juga unik. Semuanya berawal dari gempa bumi yang diikuti dengan terbukanya semua pintu penjara dan belenggu para tahanan. Dalam kondisi ketakutan-karena khawatir semua tahanan melarikan diri-kepala penjara itu sempat ingin bunuh diri sebelum Paulus menenangkannya (ay. 28-29). Setelah keadaan tenang, kepala penjara itu bertanya pada Paulus, "Apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?" (ay. 30). Paulus dan Silas menasihatinya agar percaya kepada Kristus, maka ia dan seisi rumahnya akan selamat. Akhirnya, kepala penjara menuruti nasihat Paulus dan Silas, dan ia bersukacita.

Di sekitar kita masih banyak orang belum percaya kepada Yesus Kristus. Tugas kitalah untuk memberitakan Kabar Baik itu dan mendoakan agar Roh Kudus menjamah hati mereka sehingga mereka datang dan percaya kepada Kristus. Caranya? Serahkanlah kepada Tuhan karena Dia punya banyak cara untuk membawa manusia agar percaya dan menerima keselamatan dari-Nya. --GHJ/www.renunganharian.net
   
TANPA KARYA ROH KUDUS, TAK SEORANG PUN DAPAT DATANG KEPADA KRISTUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/10/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/10/07/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Kisah+Para+Rasul+16:19-34

Kisah Para Rasul 16:19-34

19  Ketika tuan-tuan perempuan itu melihat, bahwa harapan mereka akan mendapat penghasilan lenyap, mereka menangkap Paulus dan Silas, lalu menyeret mereka ke pasar untuk menghadap penguasa.
20  Setelah mereka membawa keduanya menghadap pembesar-pembesar kota itu, berkatalah mereka, katanya: "Orang-orang ini mengacau kota kita ini, karena mereka orang Yahudi,
21  dan mereka mengajarkan adat istiadat, yang kita sebagai orang Rum tidak boleh menerimanya atau menurutinya."
22  Juga orang banyak bangkit menentang mereka. Lalu pembesar-pembesar kota itu menyuruh mengoyakkan pakaian dari tubuh mereka dan mendera mereka.
23  Setelah mereka berkali-kali didera, mereka dilemparkan ke dalam penjara. Kepala penjara diperintahkan untuk menjaga mereka dengan sungguh-sungguh.
24  Sesuai dengan perintah itu, kepala penjara memasukkan mereka ke ruang penjara yang paling tengah dan membelenggu kaki mereka dalam pasungan yang kuat.
25  Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.
26  Akan tetapi terjadilah gempa bumi yang hebat, sehingga sendi-sendi penjara itu goyah; dan seketika itu juga terbukalah semua pintu dan terlepaslah belenggu mereka semua.
27  Ketika kepala penjara itu terjaga dari tidurnya dan melihat pintu-pintu penjara terbuka, ia menghunus pedangnya hendak membunuh diri, karena ia menyangka, bahwa orang-orang hukuman itu telah melarikan diri.
28  Tetapi Paulus berseru dengan suara nyaring, katanya: "Jangan celakakan dirimu, sebab kami semuanya masih ada di sini!"
29  Kepala penjara itu menyuruh membawa suluh, lalu berlari masuk dan dengan gemetar tersungkurlah ia di depan Paulus dan Silas.
30  Ia mengantar mereka ke luar, sambil berkata: "Tuan-tuan, apakah yang harus aku perbuat, supaya aku selamat?"
31  Jawab mereka: "Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu."
32  Lalu mereka memberitakan firman Tuhan kepadanya dan kepada semua orang yang ada di rumahnya.
33  Pada jam itu juga kepala penjara itu membawa mereka dan membasuh bilur mereka. Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis.
34  Lalu ia membawa mereka ke rumahnya dan menghidangkan makanan kepada mereka. Dan ia sangat bergembira, bahwa ia dan seisi rumahnya telah menjadi percaya kepada Allah.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Matius+15-17
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+15-17

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar