(e-SH) 23 September -- Zefanya 3:1-8 - Penghukuman pada Hari Tuhan (2)

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 23 September 2017
Ayat SH: Zefanya 3:1-8

Judul: Penghukuman pada Hari Tuhan (2)

TUHAN adalah Hakim atas seluruh bumi. Segala jalan-Nya itu adil dan benar. Kasih-Nya melingkupi seluruh bumi dan seluruh bangsa-bangsa. Begitu pula murka-Nya akan melanda seluruh bumi dan bangsa-bangsa yang tidak menghormati kekudusan-Nya (bdk. Ul. 32:4), bahkan tidak terkecuali umat pilihan-Nya.

Perikop ini dibuka dengan sebuah kecaman Allah bahwa Israel telah memberontak dan berlaku cemar, serta para pemimpinnya menindas rakyat (1). Mereka telah menulikan telinganya dengan cara tidak mengindahkan teguran dan kecaman Allah. Sikap tersebut memperlihatkan kesengajaan penolakan terhadap Allah dan mereka pun berhenti beribadah kepada-Nya (2).

Para pemimpin seharusnya menjadi pelindung bagi umat Tuhan justru berlaku jahat dengan merampas hak orang-orang miskin dengan tidak bersisa (3; bdk. Yes. 1:21-23). Para nabi sepatutnya menjadi wakil Allah untuk menyatakan kebenaran justru mengkhianati kebenaran itu. Demikian pula para imam menajiskan tempat kudus TUHAN dengan beribadah kepada allah bangsa lain. Mereka telah meninggalkan Taurat Tuhan (4; bdk. Yer. 6:13-15; Mi. 3:5-12).

Allah menunjukkan murkanya atas bangsa-bangsa yang melakukan ketidakadilan. Tujuannya adalah agar orang Israel menjadikan hal itu sebagai sebuah pelajaran untuk bertobat, meninggalkan allah bangsa asing, kembali hidup dalam kebenaran dan keadilan sesuai dengan Taurat Tuhan. Akan tetapi, mereka bersikukuh tidak bertobat, dan malahan semakin gencar berbuat kejahatan (7). Karena itu, Tuhan akan memperlihatkan kemahakuasaan-Nya dengan membumihanguskan seluruh bangsa dan kerajaan dengan amarah dan api cemburu-Nya (8).

Allah itu mahakasih, namun pada saat yang sama Ia juga mahaadil. Berulang kali dinyatakan bahwa pada hari TUHAN, Ia akan menghakimi manusia berdasarkan perbuatan dan hati (bdk. Rm. 2:6-8, 14-16). Karena itu, bertobatlah dari cara hidup menurut daging agar murka Tuhan tidak turun atas kita. Marilah kita hidup menurut Roh Allah! [IVL]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/09/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Zefanya+3:1-8
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Zefanya+3:1-8

Zefanya 3:1-8

 1  Celakalah si pemberontak dan si cemar, hai kota yang penuh penindasan!
 2  Ia tidak mau mendengarkan teguran siapapun dan tidak mempedulikan kecaman; kepada TUHAN ia tidak percaya dan kepada Allahnya ia tidak menghadap.
 3  Para pemukanya di tengah-tengahnya adalah singa yang mengaum; para hakimnya adalah serigala pada waktu malam yang tidak meninggalkan apapun sampai pagi hari.
 4  Para nabinya adalah orang-orang ceroboh dan pengkhianat; para imamnya menajiskan apa yang kudus, memperkosa hukum Taurat.
 5  Tetapi TUHAN adil di tengah-tengahnya, tidak berbuat kelaliman. Pagi demi pagi Ia memberi hukum-Nya; itu tidak pernah ketinggalan pada waktu fajar. Tetapi orang lalim tidak kenal malu!
 6  "Aku telah melenyapkan bangsa-bangsa; menara-menara penjuru mereka telah musnah. Aku telah merusakkan jalan-jalannya, sehingga tidak ada orang yang lewat. Kota-kota mereka telah ditanduskan, sehingga tidak ada orang dan tidak ada penduduk.
 7  Aku sangka: Tentulah ia sekarang akan takut kepada-Ku, akan mempedulikan kecaman dan segala yang Kutugaskan kepadanya tidak akan lenyap dari penglihatannya. Tetapi sesungguhnya mereka makin giat menjadikan busuk perbuatan mereka.
 8  Oleh karena itu tunggulah Aku--demikianlah firman TUHAN--pada hari Aku bangkit sebagai saksi. Sebab keputusan-Ku ialah mengumpulkan bangsa-bangsa dan menghimpunkan kerajaan-kerajaan untuk menumpahkan ke atas mereka geram-Ku, yakni segenap murka-Ku yang bernyala-nyala, sebab seluruh bumi akan dimakan habis oleh api cemburu-Ku."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar