(e-RH) 16 September -- Ibrani 12:5-15 - TUAN ATAU POLISI?

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 16 September 2017
Bacaan : Ibrani 12:5-15
Setahun: Daniel 4-6
Nats: "karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia mencambuk orang yang diakui-Nya sebagai anak." (Ibrani 12:6)

Renungan:

TUAN ATAU POLISI?

Pernahkah kita menganggap Tuhan sebagai Pribadi yang suka memberikan berbagai perintah untuk dilakukan? Jika demikian, kita menjadikan diri-Nya sebagai Tuan. Ataukah kita selalu merasa takut jika Tuhan akan menghukum ketika kita berbuat dosa? Jika benar begitu, Tuhan hanya berperan sebagai Polisi dalam hidup kita. Sebenarnya, peran Tuhan bukanlah sebagai Tuan atau Polisi, melainkan sebagai seorang Bapa yang baik.

Sebagai seorang Bapa, Tuhan mendidik kita, anak-anak-Nya, dengan pendidikan terbaik. Oleh karena itu, janganlah menjadi tawar hati apabila Tuhan memberikan peringatan atas setiap pelanggaran yang kita perbuat. Tuhan mendidik kita sebab kita adalah anak-anak kesayangan-Nya (ay. 5-6). Didikan merupakan wujud kasih sayang seorang bapa terhadap anaknya. Didikan diberikan bagi anak yang dikasihi, bukan untuk anak gampangan (ay. 7-8). Oleh karena hikmat Allah itu sempurna, didikan-Nya pun pasti lebih baik daripada didikan semua bapa di dunia ini (ay. 10).

Daud tahu benar peran Allah sebagai Bapa yang penuh kasih. Setiap perintah dan ketetapan Allah berfungsi sebagai batasan kasih agar kita tidak tersesat. Dalam Mazmur 19:8-12, Daud memuji kesempurnaan hukum-hukum Tuhan. Dan, setiap orang yang berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, ia akan beroleh upah yang besar. Ganjaran yang diberikan Tuhan memang tidak mendatangkan sukacita pada waktu diberikan, tetapi percayalah pada akhirnya semua itu pasti mendatangkan kebenaran dan damai sejahtera (ay. 11). --LIN/www.renunganharian.net
   
SEBAGAI APAKAH PERAN ALLAH DALAM KEHIDUPAN ANDA SEKARANG? APAKAH SEBAGAI TUAN, POLISI, ATAU BAPA YANG BAIK?

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/09/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/09/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ibrani+12:5-15

Ibrani 12:5-15

 5  Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;
 6  karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."
 7  Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
 8  Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
 9  Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
10  Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11  Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.
12  Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah;
13  dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.
14  Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorangpun akan melihat Tuhan.
15  Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Daniel+4-6
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Daniel+4-6

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar