(e-SH) 12 Agustus -- Ibrani 6:9-12 - Tidak Kehilangan Pengharapan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 12 Agustus 2017
Ayat SH: Ibrani 6:9-12

Judul: Tidak Kehilangan Pengharapan

Hidup harus terus berjalan, meskipun berbagai kesulitan menghadang. Hidup harus terus bergulir sekalipun sesekali tergelincir. Itu semua dimungkinkan terjadi apabila kita masih memiliki pengharapan dalam kehidupannya. Harapan itu yang membuat orang memiliki keyakinan bahwa masih ada kesempatan untuk suatu perubahan.

Ada hal yang menonjol dalam perikop Ibrani 6: 9-12, yaitu ketika penulis surat Ibrani menyapa para membaca suratnya dengan sebutan "saudara-saudara yang kekasih." Sapaan kasih ini muncul setelah perikop yang paling keras disampaikan oleh penulis. Di sini penulis hendak mengatakan suatu kebenaran, yaitu meskipun tegurannya terkesan keras, namun ia mengatakannya dengan kasih. Ia bekata: "Kami ingin supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti". Penulis tidak memandang mereka sebagai satu kumpulan orang banyak, sebaliknya sebagai pribadi-pribadi. Penulis memang mengasihi mereka, sekalipun ia tunjukkan dengan cara menegur mereka. Namun, kasih memang bisa menegur dengan keras orang yang dikasihinya.

Hal yang menarik dalam bagian ini adalah kalau dalam ayat-ayat sebelumnya, penulis surat Ibrani mengecam mereka dengan tajam untuk semua kekurangan dan kelemahan mereka. Tetapi pada bagian ini, ia percaya bahwa mereka masih memiliki sesuatu yang lebih baik dan bahkan hal-hal yang mengandung keselamatan. Tidak ada manusia yang 100% benar tanpa kesalahan dan kekurangan. Tidak ada juga manusia yang melulu jahat atau negatif, seolah-olah tidak ada kebaikan padanya. Kita belajar meneladani Allah yang adil. Dia bisa melihat kekurangan kita, tetapi juga tidak melupakan hal yang baik pada kita.

Bisa jadi keyakinan kita terhadap Kristus mulai luntur, dan bahkan kita mulai terpikat pada ajaran lain. Waspadalah agar kita tidak kehilangan iman dan pengharapan, melainkan masing-masing bertekun dalam kesungguhan hati untuk menjadikan pengharapan kepada Kristus sebagai kepastian keselamatan. [AY]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/08/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ibrani+6:9-12
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ibrani+6:9-12

Ibrani 6:9-12

 9  Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan.
10  Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.
11  Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya,
12  agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar