(e-SH) 21 Juni -- Ezra 1:1-2:20 - Penggenapan Janji Secara Ajaib

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 21 Juni 2017
Ayat SH: Ezra 1:1-2:20

Judul: Penggenapan Janji Secara Ajaib

Ezra 1-6 mengisahkan pulangnya orang-orang Israel ke Yerusalem untuk membangun kembali Bait Allah di bawah kepemimpinan Zerubabel dan imam Yesua (sekitar 536 sM), yang terjadi sekitar 80 tahun sebelum Ezra datang ke Yerusalem (458 sM). Ezra baru muncul pada pasal 7. Santapan Harian hari ini mengisahkan tentang kembalinya orang Israel dari pembuangan sesuai dengan janji Tuhan.

Ketika Koresh, Raja Persia, menaklukkan Babel, Allah Israel menggerakan hatinya untuk mengizinkan bangsa Israel pulang ke Yerusalem untuk membangun kembali Bait Allah (1-3). Menariknya, istilah "Tuhan" dipahami oleh orang-orang Persia Kuno sebagai Pencipta Semesta (Ormazd). Tidak heran apabila kata "TUHAN" yang diucapkan oleh Koresh ditafsir oleh penulis Kitab Ezra sebagai Yahweh. Di sini, Ezra melihat Allah Israel secara "tersembunyi" bekerja di hati Koresh untuk mendatangkan kebaikan bagi umat-Nya.

Sedangkan kalimat "orang yang tertinggal" (4) memiliki pengertian yang sama dengan kalimat "sisa orang Israel" (Yes. 10:20). Kedua kalimat tersebut mengacu kepada kaum sisa Israel yang masih memelihara kesetiaan kepada Tuhannya. Untuk melancarkan kepulangan orang-orang Israel, Koresh mengeluarkan dekret bahwa setiap daerah wajib hukumnya memberikan bantuan materi (emas dan perak) kepada kaum Israel. Kondisi ini memiliki kemiripan dengan cerita di kitab Keluaran (Kel. 12:35-36). Artinya, kembalinya umat dari pembuangan dari Babel / Persia adalah "keluaran yang kedua" (bdk. Yes. 43:14-17).

Para kaum imam, orang Lewi, dan kepala keluarga kaum Yehuda serta Benyamin digerakkan Tuhan untuk pulang ke negerinya demi membangun kembali Bait Suci. (5-6). Selain itu, Koresh memerintahkan segala barang rampasan Bait Suci oleh Nebukadnezar dikembalikan ke Bait Suci Israel (7-8).

Segalanya terjadi semata-mata karya Tuhan. Ia adalah Allah yang setia dan selalu menepati janji-Nya dengan cara yang ajaib. Karena itu, belajarlah setia dan beriman kepada Allah walau tidak sejalan dengan keinginan kita. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/06/21/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Ezra+1:1-2:20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ezra+1:1-2:20

Ezra 1:1-2:20

 1  Pada tahun pertama zaman Koresh, raja negeri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu untuk menggenapkan firman yang diucapkan oleh Yeremia, sehingga disiarkan di seluruh kerajaan Koresh secara lisan dan tulisan pengumuman ini:
 2  "Beginilah perintah Koresh, raja Persia: Segala kerajaan di bumi telah dikaruniakan kepadaku oleh TUHAN, Allah semesta langit. Ia menugaskan aku untuk mendirikan rumah bagi-Nya di Yerusalem, yang terletak di Yehuda.
 3  Siapa di antara kamu termasuk umat-Nya, Allahnya menyertainya! Biarlah ia berangkat pulang ke Yerusalem, yang terletak di Yehuda, dan mendirikan rumah TUHAN. Allah Israel, yakni Allah yang diam di Yerusalem.
 4  Dan setiap orang yang tertinggal, di manapun ia ada sebagai pendatang, harus disokong oleh penduduk setempat dengan perak dan emas, harta benda dan ternak, di samping persembahan sukarela bagi rumah Allah yang ada di Yerusalem."
 5  Maka berkemaslah kepala-kepala kaum keluarga orang Yehuda dan orang Benyamin, serta para imam dan orang-orang Lewi, yakni setiap orang yang hatinya digerakkan Allah untuk berangkat pulang dan mendirikan rumah TUHAN yang ada di Yerusalem.
 6  Dan segala orang di sekeliling mereka membantu mereka dengan barang-barang perak, dengan emas, harta benda dan ternak dan dengan pemberian yang indah-indah, selain dari segala sesuatu yang dipersembahkan dengan sukarela.
 7  Pula raja Koresh menyuruh mengeluarkan perlengkapan rumah TUHAN yang telah diangkut Nebukadnezar dari Yerusalem dan yang ditaruhnya di dalam kuil allahnya.
 8  Koresh, raja Persia itu, menyuruh mengeluarkan semuanya itu di bawah pengawasan Mitredat, bendahara raja, yang menghitung seluruhnya bagi Sesbazar, pembesar di Yehuda.
 9  Inilah daftarnya: tiga puluh bokor emas, seribu bokor perak, dua puluh sembilan pisau,
10  tiga puluh piala emas, pula empat ratus sepuluh piala perak, seribu buah barang-barang lain.
11  Barang-barang emas dan perak itu seluruhnya berjumlah lima ribu empat ratus. Semuanya itu dibawa oleh Sesbazar sewaktu orang-orang buangan itu dibawa pulang dari negeri Babel ke Yerusalem.
 1  Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya.
 2  Mereka datang bersama-sama Zerubabel, Yesua, Nehemia, Seraya, Reelaya, Mordekhai, Bilsan, Mispar, Bigwai, Rehum dan Baana. Inilah daftar orang-orang bangsa Israel:
 3  bani Paros: dua ribu seratus tujuh puluh dua orang;
 4  bani Sefaca: tiga ratus tujuh puluh dua orang;
 5  bani Arah: tujuh ratus tujuh puluh lima orang;
 6  bani Pahat-Moab, yakni anak-anak Yesua dan Yoab: dua ribu delapan ratus dua belas orang;
 7  bani Elam: seribu dua ratus lima puluh empat orang;
 8  bani Zatu: sembilan ratus empat puluh lima orang;
 9  bani Zakai: tujuh ratus enam puluh orang;
10  bani Bani: enam ratus empat puluh dua orang;
11  bani Bebai: enam ratus dua puluh tiga orang;
12  bani Azgad: seribu dua ratus dua puluh dua orang;
13  bani Adonikam: enam ratus enam puluh enam orang;
14  bani Bigwai: dua ribu lima puluh enam orang;
15  bani Adin: empat ratus lima puluh empat orang;
16  bani Ater, yakni bani Hizkia: sembilan puluh delapan orang;
17  bani Bezai: tiga ratus dua puluh tiga orang;
18  bani Yora: seratus dua belas orang;
19  bani Hasum: dua ratus dua puluh tiga orang;
20  bani Gibar: sembilan puluh lima orang;


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar