(e-RH) 13 Juni -- Keluaran 6:1-12 - AKULAH TUHAN!

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Selasa, 13 Juni 2017
Bacaan : Keluaran 6:1-12
Setahun: Ester 4-7
Nats: Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN." (Keluaran 6:1)

Renungan:

AKULAH TUHAN!

Setiap orang membutuhkan jaminan yang pasti di saat hidup ini harus terus berhadapan dengan ketidakpastian. Ada yang merasa aman dan terjamin dengan harta berlimpah, jabatan tinggi dan tingkat sosial yang mapan. Persoalannya, semua yang dianggap bisa menjamin, dapat lenyap dengan seketika. Yang dianggap dapat menjamin hidup, justru memerlukan jaminan agar terus ada. Adakah jaminan yang pasti?

Musa diperintahkan Tuhan untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir ke tempat yang Tuhan sudah janjikan. Ia diperintahkan untuk mendatangi Firaun. Ada keraguan dalam diri Musa. Terbukti ia pun mengatakan, "... aku seorang yang tidak petah lidahnya!" Keraguan apakah dirinya dapat berkata-kata di depan bangsa Israel dan di hadapan Firaun. Ada kebimbangan apakah ia sanggup untuk memimpin suatu bangsa yang besar menuju satu tempat baru. Tuhan tahu betul isi hati dan perasaan Musa. Oleh sebab itu Tuhan memberikan jaminan, yaitu diri-Nya sendiri dengan berkata tegas, "Akulah TUHAN!" Jaminan yang luar biasa. Jaminan yang diikuti dengan penjelasan Tuhan sendiri tentang apa yang sudah dilakukan-Nya di dalam sejarah nenek moyang bangsa Israel, yaitu mengadakan perjanjian damai sejahtera. Janji yang sungguh menenangkan Musa.

Apakah hari ini kita membutuhkan jaminan agar hidup kita baik? Jaminannya adalah Tuhan sendiri. Bisa jadi hidup kita tidak selamanya mulus dan lancar, ada riak dan gelombang besar yang siap menghempas. Jaminan Tuhan adalah penyertaan-Nya, kekuatan-Nya dan pertolongan-Nya setiap saat. --AAS/www.renunganharian.net
   
JAMINAN PEMELIHARAAN DAN BERKAT YANG PASTI DARI TUHAN ADALAH DIRI-NYA SENDIRI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/06/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Keluaran+6:1-12

Keluaran 6:1-12

1 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Akulah TUHAN.
2 Aku telah menampakkan diri kepada Abraham, Ishak dan Yakub sebagai Allah Yang Mahakuasa, tetapi dengan nama-Ku TUHAN Aku belum menyatakan diri.
3 Bukan saja Aku telah mengadakan perjanjian-Ku dengan mereka untuk memberikan kepada mereka tanah Kanaan, tempat mereka tinggal sebagai orang asing,
4 tetapi Aku sudah mendengar juga erang orang Israel yang telah diperbudak oleh orang Mesir, dan Aku ingat kepada perjanjian-Ku.
5 Sebab itu katakanlah kepada orang Israel: Akulah TUHAN, Aku akan membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir, melepaskan kamu dari perbudakan mereka dan menebus kamu dengan tangan yang teracung dan dengan hukuman-hukuman yang berat.
6 Aku akan mengangkat kamu menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu, supaya kamu mengetahui, bahwa Akulah, TUHAN, Allahmu, yang membebaskan kamu dari kerja paksa orang Mesir.
7 Dan Aku akan membawa kamu ke negeri yang dengan sumpah telah Kujanjikan memberikannya kepada Abraham, Ishak dan Yakub, dan Aku akan memberikannya kepadamu untuk menjadi milikmu; Akulah TUHAN."
8 Lalu Musa mengatakan demikian kepada orang Israel, tetapi mereka tidak mendengarkan Musa karena mereka putus asa dan karena perbudakan yang berat itu.
9 Kemudian TUHAN berfirman kepada Musa:
10 "Pergilah menghadap, katakanlah kepada Firaun, raja Mesir, bahwa ia harus membiarkan orang Israel pergi dari negerinya."
11 Tetapi Musa berkata di hadapan TUHAN: "Orang Israel sendiri tidak mendengarkan aku, bagaimanakah mungkin Firaun akan mendengarkan aku, aku seorang yang tidak petah lidahnya!"
12 Demikianlah TUHAN telah berfirman kepada Musa dan Harun, serta mengutus mereka kepada orang Israel dan kepada Firaun, raja Mesir, dengan membawa perintah supaya orang Israel dibawa keluar dari Mesir.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ester+4-7
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ester+4-7

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar