(e-SH) 8 April -- Matius 26:69-75 - Tekanan Bisa Memicu Penyangkalan

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 8 April 2017
Ayat SH: Matius 26:69-75

Judul: Tekanan Bisa Memicu Penyangkalan

Matius mengisahkan tiga drama penyangkalan Petrus. Eskalasi tuduhan yang meningkat membuat intensitas penyangkalan Petrus semakin berat. Pertama, seorang hamba perempuan berasumsi bahwa Petrus pernah bersama-sama dengan Yesus (69). Demi menyelamatkan diri, ia berpura-pura tidak tahu-menahu tentang apa yang dikatakan oleh perempuan itu (70).

Kemudian Petrus menyingkir ke pintu gerbang yang kondisinya lebih remang-remang agar identitasnya sebagai murid Yesus tidak terdeteksi oleh masyarakat di sana. Ternyata di pintu gerbang pun ia masih dikenali sebagai seorang yang satu kampung halaman dengan Yesus (71). Kali yang kedua penyangkalan Petrus disertai dengan sumpah bahwa ia tidak kenal Yesus (72). Untuk ketiga kalinya, Petrus bukan saja menyangkal dan bersumpah, tetapi juga mengeluarkan ucapan kutukan sebagai penegasan bahwa ia bukan salah satu dari pengikut Yesus (73). Dengan berucap seperti itu, seakan-akan Petrus berani dimurkai Tuhan jika berbohong. Begitu mendengar kokok ayam, tersadarlah Petrus akan peringatan Yesus dan ia pun menangisi dirinya (74; lih. ay. 34).

Ketika bola basket dihempaskan ke lantai, maka bola itu akan membal ke atas. Semakin kuat tekanan terhadap bola, semakin kuat daya membal bola tersebut. Itulah gambaran yang dialami Petrus. Tekanan dan tuduhan yang semakin berat serta bahaya yang mengintai membuat Petrus semakin berani menyangkal Yesus.

Jika Petrus dapat menyangkal imannya, demikian pula dengan kita. Misalnya, tekanan ekonomi yang membahayakan seluruh keluarga; tekanan kebencian atau iri yang membahayakan jabatan dan status kita; tekanan dari kelompok berisiko pada aspek pertemanan, dan sebagainya. Marilah kita saling berbagi beban dengan menceritakan pergumulan kita kepada orang lain dan saling mendoakan satu sama lain! Janganlah beranggapan bahwa kita kebal dari kejatuhan, apalagi menyombongkan kekuatan sendiri! Petrus sudah membuktikannya. [RH]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/04/08/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+26:69-75
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+26:69-75

Matius 26:69-75

69  Sementara itu Petrus duduk di luar di halaman. Maka datanglah seorang hamba perempuan kepadanya, katanya: "Engkau juga selalu bersama-sama dengan Yesus, orang Galilea itu."
70  Tetapi ia menyangkalnya di depan semua orang, katanya: "Aku tidak tahu, apa yang engkau maksud."
71  Ketika ia pergi ke pintu gerbang, seorang hamba lain melihat dia dan berkata kepada orang-orang yang ada di situ: "Orang ini bersama-sama dengan Yesus, orang Nazaret itu."
72  Dan ia menyangkalnya pula dengan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu."
73  Tidak lama kemudian orang-orang yang ada di situ datang kepada Petrus dan berkata: "Pasti engkau juga salah seorang dari mereka, itu nyata dari bahasamu."
74  Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.
75  Maka teringatlah Petrus akan apa yang dikatakan Yesus kepadanya: "Sebelum ayam berkokok, engkau telah menyangkal Aku tiga kali." Lalu ia pergi ke luar dan menangis dengan sedihnya.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar