(e-RH) 11 Maret -- Efesus 4:17-32 - BERTOBAT SEPARO

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Sabtu, 11 Maret 2017
Bacaan : Efesus 4:17-32
Setahun: Ulangan 29-31
Nats: Tetapi bukan dengan demikian kamu belajar mengenal Kristus. (Efesus 4:20)

Renungan:

BERTOBAT SEPARO

Bagi Anda yang sering melintas jalur antar kota dan antar provinsi, tulisan di bagian belakang truk seringkali mengundang senyum. Beberapa kali saya bahkan tertawa lepas membaca pesan yang unik dan menggelitik. Tak jarang saya pun mendapat teguran, nasihat, atau bahan perenungan pribadi karenanya. Salah satunya ketika saya membaca tulisan "Bertobat Separo". Saya merasa diingatkan oleh Tuhan mengenai pertobatan yang seringkali dilakukan oleh manusia, termasuk saya!

Kata "bertobat" memiliki pengertian adanya perubahan hidup secara menyeluruh. Kitab Efesus menyebut pertobatan sebagai tindakan berhenti dari perbuatan jahat atau dosa, lalu melakukan sesuatu yang berlawanan. Jika seseorang mencuri, pertobatannya dibuktikan ketika ia berhenti mencuri, bekerja keras, dan memberi dari hasil pekerjaannya. Seseorang yang gemar berdusta perlu belajar untuk berkata benar sebagai tanda pertobatannya. Namun, bagi kebanyakan orang, niat untuk bertobat secara penuh terhalang oleh kelemahan atau keinginan daging yang masih mendominasi. Pertobatan yang dirindukan pun nampak seperti pertobatan separo, belum utuh, dan masih sering gagal. Itulah sebabnya, orang-orang percaya perlu mengalami pembaruan dalam roh dan pikiran, dan mengenakan manusia baru secara terus-menerus (ay. 23-24).

Bagi kita yang telah belajar mengenal Kristus, sasaran kita adalah mengalami pertobatan penuh, sehingga semakin lama kita menjadi pribadi yang lebih baik. Roh Kudus akan menolong dan memampukan kita, sehingga pertobatan penuh menjadi suatu keniscayaan, bukan lagi impian atau angan-angan. --GHJ/Renungan Harian
   
PERTOBATAN PENUH HANYA MUNGKIN TERJADI LEWAT KARYA ROH KUDUS.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2017/03/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2017/03/11/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Efesus+4:17-32

Efesus 4:17-32

17  Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia
18  dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.
19  Perasaan mereka telah tumpul, sehingga mereka menyerahkan diri kepada hawa nafsu dan mengerjakan dengan serakah segala macam kecemaran.
20  Tetapi kamu bukan demikian. Kamu telah belajar mengenal Kristus.
21  Karena kamu telah mendengar tentang Dia dan menerima pengajaran di dalam Dia menurut kebenaran yang nyata dalam Yesus,
22  yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan,
23  supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,
24  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.
25  Karena itu buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain, karena kita adalah sesama anggota.
26  Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu
27  dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.
28  Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan.
29  Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia.
30  Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
31  Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan.
32  Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Ulangan+29-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Ulangan+29-31

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2017 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar