(e-SH) 23 Februari -- Matius 16:13-20 - Identitas Yesus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Kamis, 23 Februari 2017
Ayat SH: Matius 16:13-20

Judul: Identitas Yesus

Waktu Yesus di dunia sangat terbatas. Selama ini, Yesus dan para murid-Nya hidup bersama. Berbagai kesulitan telah mereka lalui. Banyak pengalaman yang mereka dapatkan dan mukjizat yang mereka lihat. Tidak sedikit ajaran yang mereka terima dari Yesus, walau tidak semuanya dapat dipahami. Yang menjadi persoalan adalah apakah mereka mengenal identitas Yesus dan seberapa dalam mereka memahami guru-Nya?

Untuk mengetahui kebenaran tersebut, Yesus memakai metode deduksi dengan mengajukan pertanyaan umum, yaitu "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" (13). Jawaban yang diterima Yesus banyak. Dalam benak masyarakat umum, ada beberapa figur penting yang dikorelasikan dengan Yesus, seperti Yohanes Pembaptis, Elia, Yeremia, dan lainnya (14). Anggapan umum ini mencerminkan harapan masyarakat Yahudi bahwa Yesus adalah Mesias politis yang akan mengusir kekuasaan Romawi yang sedang menjajah mereka.

Melalui jawaban beragam ini, Yesus mempertajam pertanyaannya kepada para murid. Ia ingin tahu apa anggapan para murid tentang diri-Nya (15). Ternyata jawaban Petrus menggembirakan hati Yesus (16-17). Di sini, Petrus bukan hanya memahami Yesus sebagai Mesias, tetapi juga sebagai anak Allah yang hidup. Pernyataan iman Petrus menjadi tonggak berdirinya jemaat Kristus (gereja) di dunia. Di sini, kata "jemaat-Ku" menunjukkan hak kepemilikan Yesus atas umat-Nya. Sedangkan istilah "batu" dari nama Petrus tidak diartikan sebagai gereja, melainkan sebagai batu hidup untuk rumah rohani (18; bdk. 1Pet. 2:5). Di atas pengakuan Petrus, Yesus menjamin bahwa kuasa kegelapan tidak dapat menang dan menaklukkan gereja-Nya (19).

Pengenalan sejati akan Allah tidak tergantung pada seberapa banyak waktu yang dikurbankan untuk pekerjaan Kerajaan Surga. Yang terpenting dari semuanya adalah seberapa dalam kita memahami Allah dan seberapa dekat hidup kita bersatu dengan-Nya.

Bersyukurlah bahwa iman kepada Kristus merupakan karya Allah di hati kita. [TG]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/02/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+16:13-20
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+16:13-20

Matius 16:13-20

13  Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?"
14  Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi."
15  Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?"
16  Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"
17  Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
19  Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."
20  Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar