(e-SH) 13 Februari -- Matius 13:53-58 - Ditolak karena Tampak Luar

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 13 Februari 2017
Ayat SH: Matius 13:53-58

Judul: Ditolak karena Tampak Luar

Yesus tumbuh besar di Nazaret, namun Ia ditolak oleh masyarakat di sana. Mereka merasa kecewa karena Yesus yang melakukan berbagai mukjizat ternyata orang yang mereka kenal sejak kecil. Mereka tidak dapat menerima status sosial Yesus yang bukan dari golongan terhormat dapat menjadi seorang yang memiliki kuasa untuk melakukan mukjizat. Karena itulah, Yesus mengatakan bahwa seorang nabi tidak diterima di tempat asalnya.

Di satu sisi, menjadi seorang yang dikenal orang banyak dapat menguntungkan karena kita memiliki jaringan pertemanan yang luas. Jejaring sosial itu dapat menolong kita saat membutuhkan sesuatu, misalnya donor darah. Mudah mencari donor karena dikenal oleh banyak orang. Di sisi lain, dikenal oleh banyak orang dapat menjadi hal yang tidak menguntungkan kita. Yesus dikenal oleh masyarakat Nazaret sejak kecil justru mengalami penolakan sehingga tidak memungkinkan Ia membuat banyak mukjizat. Tampaknya, penduduk Nazaret tidak dapat menerima kenyataan bahwa Pembuat mukjizat itu adalah anak tukang kayu, tetangga mereka.

Tindakan penolakan tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi. Sebab pada umumnya orang menilai seseorang berdasarkan apa yang tampak, seperti: status sosial, ekonomi, keturunan, relasi dengan orang berpengaruh, dan lain sebagainya. Jarang sekali kita menilai berdasarkan kualitas pribadi dan potensi seseorang. Akibatnya, terjadilah penerimaan atau penolakan secara tidak masuk akal. Misalnya dalam dunia pekerjaan di mana seseorang diterima atau ditolak berdasarkan status, agama, relasinya dengan orang dalam, atau hal lain yang tidak ada hubungan dengan kualitas yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut.

Penolakan tidak dapat dijadikan alasan untuk menyerah. Kita harus bergiat untuk berkarya sekalipun ditolak. Seperti Yesus tidak berhenti berkarya, demikian pula kita jangan cepat menyerah. Jangan kita kalah dengan situasi tersebut! Sebaliknya, kita harus menang dengan cara menunjukkan kualitas kita. [THIE]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2017/02/13/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Matius+13:53-58
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Matius+13:53-58

Matius 13:53-58

53  Setelah Yesus selesai menceriterakan perumpamaan-perumpamaan itu, Iapun pergi dari situ.
54  Setibanya di tempat asal-Nya, Yesus mengajar orang-orang di situ di rumah ibadat mereka. Maka takjublah mereka dan berkata: "Dari mana diperoleh-Nya hikmat itu dan kuasa untuk mengadakan mujizat-mujizat itu?
55  Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?
56  Dan bukankah saudara-saudara-Nya perempuan semuanya ada bersama kita? Jadi dari mana diperoleh-Nya semuanya itu?"
57  Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."
58  Dan karena ketidakpercayaan mereka, tidak banyak mujizat diadakan-Nya di situ.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
(e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org
- - -
Anda diberkati melalui Santapan Harian?
Mari mendukung pelayanan Yayasan Pancar Pijar Alkitab (PPA)
Rekening BCA cab Pintu Air no. 106.30066.22 an. Yay Pancar Pijar Alkitab

0 komentar:

Posting Komentar