(e-SH) 23 November -- Roma 16:1-16 - Rekan-Rekan Sejawat Paulus

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 23 November 2016
Ayat SH: Roma 16:1-16

Judul: Rekan-Rekan Sejawat Paulus

Jika ada orang yang berpendapat bahwa Ibrani 11 merupakan pameran lukisan dari orang-orang suci PL, maka bacaan hari ini dapat disebut sebagai pameran lukisan orang-orang percaya PB. Menarik pula disimak bahwa Paulus mengakui bahwa dia bukanlah seorang yang mampu mengerjakan seorang diri. Melalui daftar nama ini, Paulus dengan sengaja memberikan penghargaan kepada mereka, dan karena itulah dia ingin warga jemaat di Roma juga menghargainya.

Jika kita tidak membaca bagian ini, mudah sekali bagi mereka untuk menilai bahwa Paulus kurang menghargai perempuan (bdk. 1Kor.11: 3, 8-9; 14:34-35; 1Tim.2:11-12). Dalam surat-surat itu, Paulus kelihatannya lebih mengutamakan laki-laki dan menganggap perempuan hanya boleh diam dalam ibadah. Tetapi, di akhir suratnya kita menjadi terkejut dibuatnya! Nama Febe, pastilah seorang perempuan, dijelaskan dengan sangat detail (2). Paulus juga menyebut nama Priskila-malah didahulukan dari Akwila-serta beberapa nama perempuan lainnya seperti Maria, Yunias, Trifena, dan Trifosa, juga Persis, Yulia, Olimpas. Sang Rasul juga tidak lupa menyebut rekan-rekan pria sejawatnya.

Jika diperhatikan dengan saksama, kebanyakan nama itu merupakan nama-nama asing yang tidak terdapat dalam keempat Injil. Mereka bukan orang terkenal dan tokoh penginjilan, namun Paulus sangat menghargai mereka.

Pada titik ini, kita bisa menyimpulkan bahwa sehebat-hebatnya Paulus, dia tidak dapat mengerjakan pelayanan seorang diri. Dia juga tidak tergoda menjadi one man show! Harus diakui bahwa tempat dan peran pemimpin itu penting, tetapi tanpa dibantu oleh banyak orang di belakangnya, termasuk juga perempuan, semua tak berarti apa-apa.

D. L. Moody pernah berujar: "Saya sanggup mengerjakan pekerjaan sepuluh orang dengan baik, tetapi saya lebih suka ada sepuluh orang yang mengerjakan tugasnya!" Hanya dengan cara itu setiap orang dapat menyumbangkan kemampuan dirinya dalam pekerjaan Allah. Dan itu hanya mungkin ketika pemimpin besar mau memberikan ruang. [CC]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/11/23/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Roma+16:1-16
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Roma+16:1-16

Roma 16:1-16

 1  Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea,
 2  supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri.
 3  Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.
 4  Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.
 5  Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.
 6  Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kamu.
 7  Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.
 8  Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan.
 9  Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi.
10  Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.
11  Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan.
12  Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.
13  Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.
14  Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka.
15  Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.
16  Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar