(e-SH) 3 September -- Yehezkiel 28:20-26 - Aku adalah TUHAN

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Sabtu, 3 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 28:20-26

Judul: Aku adalah TUHAN

Dalam kehidupan kita, seperti yang sering dikeluhkan tokoh-tokoh Alkitab, kelihatannya orang fasik hidup makmur dan terhindar dari tulah, sedangkan orang benar terkena tulah setiap hari (Mzm. 73:5, 14). Namun, akhirnya Allah menghukum kejahatan orang fasik terhadap umat-Nya. Dengan begitu menjadi nyata bahwa Ia adalah TUHAN.

Nas hari ini terdiri atas dua bagian, yakni: Pertama, Tuhan menjatuhkan hukuman atas Sidon. Kedua, Tuhan akan mengumpulkan umat-Nya kembali dan umat akan hidup dengan tenteram di Tanah Perjanjian. Kedua bagian ini merupakan satu kesatuan karena ada refrein, "mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN" (22-24, 26), yang menyatukan kedua bagian ini.

Sidon merupakan tetangga Tirus. Nas hari ini tidak menyatakan dengan jelas dosa Sidon. Kemungkinan Sidon masuk dalam kategori bangsa-bangsa yang bersukacita dan mengambil keuntungan dari kejatuhan Yerusalem. Rasa senang mereka tidak bertahan lama karena Allah Israel akan menyatakan bahwa Ia adalah TUHAN dengan menghancurkan Sidon. Penghancuran Sidon mempunyai satu tujuan, yaitu "mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN" (22-24).

Penghancuran umat Allah bukan merupakan tindakan satu-satunya yang Tuhan lakukan. Tetapi, Ia juga akan mengumpulkan umat-Nya dari tempat yang terserak, membawa mereka kembali ke Tanah Perjanjian, dan akan menunjukkan kekudusan-Nya kepada umat-Nya di tengah bangsa-bangsa sehingga umat Tuhan mengerti bahwa Ia adalah TUHAN.

Kita adalah umat yang dikasihi dan dilindungi-Nya. Janji yang diberikan TUHAN kepada Abraham (Kej. 12:3) merupakan prinsip yang berlaku bagi kita yang berhak menerima janji tersebut dalam Kristus (Gal. 3:29). Karena itu, jangan putus asa ketika orang fasik hidup dalam "kemenangan". Pada akhirnya, Tuhan akan memperlihatkan keadilan-Nya kepada kita dan orang fasik akan mendapat ganjaran setimpal karena Ia adalah TUHAN. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/03/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+28:20-26
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+28:20-26

Yehezkiel 28:20-26

20  Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
21  "Hai anak manusia, tujukanlah mukamu kepada Sidon dan bernubuatlah melawan dia
22  dan katakanlah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku menjadi lawanmu, hai Sidon, dan Aku menyatakan kemuliaan-Ku di tengah-tengahmu. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku menjatuhkan hukuman atasnya dan menunjukkan kekudusan-Ku terhadap dia.
23  Aku akan mendatangkan sampar atasnya dan darah akan mengalir di jalan-jalannya dan orang-orang akan mati rebah di tengah-tengahnya karena pedang yang datang dari sekitarnya melawan dia. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
24  Dan tidak akan ada lagi bagi kaum Israel dari semua tetangganya yang menghina mereka, menjadi duri yang menusuk atau onak yang memedihkan. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah Tuhan ALLAH.
25  Beginilah firman Tuhan ALLAH: Pada saat Aku mengumpulkan kaum Israel dari tengah suku-suku bangsa, di mana mereka berserak dan Aku menunjukkan kekudusan-Ku kepada mereka di hadapan bangsa-bangsa, maka mereka akan diam di tanah mereka yang telah Kuberikan kepada hamba-Ku Yakub.
26  Mereka akan diam di sana dengan aman tenteram, mereka akan membangun rumah dan membuat kebun anggur. Ya, mereka akan diam dengan aman tenteram pada saat Aku menjatuhkan hukuman atas semua tetangganya yang menghina mereka. Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, Allah mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar