(e-SH) 16 September -- Yehezkiel 36:1-21 - Tanah Perjanjian

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 16 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 36:1-21

Judul: Tanah Perjanjian

Dalam keseluruhan Perjanjian Lama, kata "tanah" merupakan konsep yang sangat penting. Dalam perjanjian Tuhan dengan Abraham, keturunan dan tanah merupakan dua gagasan yang paling penting. Dalam kitab nabi-nabi, pemulihan tanah juga merupakan tema yang penting, seperti yang terlihat dalam nas hari ini.

Pasal 35 menekankan penghancuran yang Tuhan lakukan terhadap pegunungan Seir (35:2). Di sini kita melihat kontrasnya saat Tuhan memulihkan gunung-gunung Israel. Kata "gunung-gunung Israel" muncul berkali-kali (misalnya 36:1, 4, 8) untuk menekankan bahwa Tuhan akan melakukan pemulihan kepada gunung-gunung, yaitu tanah Israel. Jika Edom berencana memiliki gunung Israel (36:2) dan karenanya ia direndahkan oleh-Nya, maka Israel akan kembali menduduki tanah yang tadinya dimiliki oleh bangsa-bangsa lain (3).

Sebelumnya, kecemburuan dan murka Allah ditumpahkan ke atas gunung-gunung Israel sehingga mereka menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa lain. Sekarang, Tuhan bersumpah bahwa bangsa-bangsa di sekitar Israel akan menanggung noda mereka (6-7).

Tuhan menyebut Israel sebagai "umat-Ku." Artinya, Tuhan akan membuat manusia dan binatang bertambah banyak dan kembali mendiami gunung-gunung tersebut (8, 11). Hal ini mengingatkan kita akan mandat-Nya pada waktu penciptaan. Tuhan bukan hanya memulihkan tanah tersebut seperti semula, juga akan berbuat baik kepada gunung-gunung tersebut lebih dari sebelumnya (11). Tuhan berjanji bahwa ejekan bangsa-bangsa lain terhadap tanah Israel tidak akan terjadi lagi (13). Tanah Israel tidak akan menanggung celaan dari bangsa-bangsa tersebut (13-15).

Mengapa begitu banyak penekanan kepada tanah? Janji tentang tanah tidak berhenti di Perjanjian Lama. Tanah yang Tuhan janjikan kepada Abraham dan keturunannya merupakan bayang-bayang akan langit dan bumi baru yang Tuhan berikan kepada Kristus. Kita adalah milik Kristus dan akan menerima janji tersebut (lih. 2Pet. 3:13; Gal. 3:29). [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/16/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+36:1-21
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+36:1-21

Yehezkiel 36:1-21

 1  "Hai engkau, anak manusia, bernubuatlah mengenai gunung-gunung Israel dan katakanlah: Hai gunung-gunung Israel, dengarlah firman TUHAN!
 2  Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena musuh itu berkata mengenai kamu: Syukur! Bukit-bukit dari dahulu kala sudah menjadi milik kita.
 3  Oleh karena itu bernubuatlah dan katakan: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena, ya sungguh karena musuh dari sekitarmu menjadikan kamu sunyi sepi dan mengingini kamu, supaya kamu menjadi milik sisa bangsa-bangsa, dan oleh karena kamu menjadi buah mulut orang dan banyak dipergunjingkan,
 4  oleh karena itu, hai gunung-gunung Israel, dengarlah firman Tuhan ALLAH kepada gunung-gunung dan bukit-bukit, kepada alur-alur sungai dan lembah-lembah, kepada reruntuhan-reruntuhan yang sunyi sepi dan kepada kota-kota yang sudah ditinggalkan, yang sudah menjadi jarahan dan olok-olokan bagi sisa bangsa-bangsa yang di sekitarnya;
 5  oleh karena itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku pasti berfirman dalam api cemburuan-Ku melawan sisa bangsa-bangsa dan melawan seluruh Edom, yang menentukan tanah-Ku menjadi miliknya dengan segala rasa sukacita dan rasa penghinaan, sehingga tanah-Ku itu dimilikinya dan dapat habis dijarah.
 6  Oleh karena itu bernubuatlah mengenai tanah Israel dan katakanlah kepada gunung-gunung dan bukit-bukit, kepada alur-alur sungai dan lembah-lembah: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku berfirman dalam amarah cemburuan-Ku, oleh karena kamu sudah menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa.
 7  Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Aku bersumpah bahwa bangsa-bangsa yang di sekitarmu sendiri pasti akan menanggung noda mereka.
 8  Maka kamu, gunung-gunung Israel, akan bertunas kembali dan akan memberi buah untuk umat-Ku Israel, sebab mereka akan segera kembali.
 9  Hati-Ku akan baik kembali dan Aku akan berpaling kepadamu dan kamu akan dikerjakan dan ditaburi.
10  Aku akan membuat manusia banyak di atasmu, yaitu segenap kaum Israel dalam keseluruhannya; kota-kota akan didiami lagi dan reruntuhan-reruntuhan akan dibangun kembali.
11  Aku akan membuat manusia dan binatang banyak di atasmu, dan mereka akan bertambah banyak dan beranak cucu dan Aku akan membuat kamu didiami kembali seperti keadaan semula dan akan berbuat baik kepadamu lebih dari pada keadaan dahulu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.
12  Aku akan membuat manusia lalu-lalang di atasmu yaitu umat-Ku Israel; mereka akan menduduki engkau dan engkau akan menjadi milik pusaka mereka dan engkau tidak lagi terus memunahkan mereka.
13  Beginilah firman Tuhan ALLAH: Oleh karena orang berkata tentangmu: Engkau memakan orang dan engkau memunahkan bangsamu--
14  oleh karena itu engkau tidak akan makan orang lagi dan tidak akan memunahkan bangsamu lagi, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
15  Aku tidak lagi membiarkan orang membicarakan noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa terhadap engkau dan engkau tidak lagi menanggung pencelaan bangsa-bangsa dan tidak lagi memunahkan bangsamu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
16  Kemudian datanglah firman TUHAN kepadaku:
17  "Hai anak manusia, waktu kaum Israel tinggal di tanah mereka, mereka menajiskannya dengan tingkah laku mereka; kelakuan mereka sama seperti cemar kain di hadapan-Ku.
18  Maka Aku mencurahkan amarah-Ku ke atas mereka karena darah yang dicurahkan mereka di tanah itu, sedang tanah itu mereka najiskan dengan berhala-berhala mereka.
19  Aku menghamburkan mereka di antara bangsa-bangsa, sehingga mereka berserak-serak di semua negeri, Aku menghakimi mereka selaras dengan tingkah lakunya.
20  Di mana saja mereka datang di tengah bangsa-bangsa, mereka menajiskan nama-Ku yang kudus, dalam hal orang menyindir mereka: Katanya mereka umat TUHAN, tetapi mereka harus keluar dari tanah-Nya.
21  Aku merasa sakit hati karena nama-Ku yang kudus yang dinajiskan oleh kaum Israel di tengah bangsa-bangsa, di mana mereka datang.


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar