(e-SH) 14 September -- Yehezkiel 34:20-31 - Menghakimi Domba dengan Domba

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Rabu, 14 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 34:20-31

Judul: Menghakimi Domba dengan Domba

Salah satu hal penting yang perlu diingat adalah Alkitab berbicara tentang umat perjanjian, yaitu umat Allah yang telah mengadakan perjanjian dengan Tuhan. Dalam PL, umat perjanjian adalah umat Israel. Sedangkan dalam PB, umat perjanjian adalah orang Kristen.

Tidak semua orang Kristen memiliki iman sejati. Artinya, tidak semua domba Tuhan merupakan domba sejati. Dalam nas ini, Tuhan menjadi hakim di antara domba dan domba (17, 22) dan antara domba yang gemuk dan domba yang kurus (20), yaitu antara para pemimpin fasik dan umat yang teraniaya.

Ini berarti bahwa di antara umat Tuhan terdapat juga umat yang beriman (disebut orang benar) dan umat yang tidak beriman (disebut orang fasik). Pada akhirnya, Tuhan akan mengeluarkan orang fasik dari perkumpulan orang benar (bdk. Mzm. 1:5). Ia akan menggembalakan domba-domba-Nya yang sejati melalui satu gembala yang diangkat atas mereka, yaitu Daud (23). Kita tahu bahwa Daud sudah mati. Yang dimaksud sebagai Daud di sini adalah Mesias, anak Daud, yang akan menjadi Gembala, yaitu raja atas umat-Nya.

Tuhan akan mengadakan perjanjian damai dengan umat-Nya, yaitu perjanjian baru (bdk. Yer. 31:31) dan umat-Nya akan hidup aman tenteram. Ia akan mendirikan bagi mereka suatu taman kebahagiaan sehingga di tanah itu tidak seorang pun akan mati kelaparan dan mereka tidak lagi menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa (29). Mereka akan mengetahui bahwa Tuhan menyertai umat-Nya dan mengenal Tuhan itu baik (30).

Apa yang dinubuatkan di sini sudah tergenapi, tetapi belum dalam kepenuhannya (doktrin already and not yet ). Mesias yang dijanjikan telah datang, tetapi kita masih belum dapat menikmati Kerajaan Allah yang dipimpin Mesias dalam kepenuhannya. Itu sebabnya masih ada orang mati kelaparan dan kita belum sepenuhnya hidup dengan aman tenteram. Percaya dan bersyukurlah bahwa ketika Yesus datang kedua kalinya, kita akan sepenuhnya menikmati apa yang Yehezkiel katakan di sini. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/14/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+34:20-31
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+34:20-31

Yehezkiel 34:20-31

20  Oleh sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH terhadap mereka. Dengan sesungguhnya Aku sendiri akan menjadi hakim di antara domba yang gemuk dengan domba yang kurus;
21  oleh karena semua yang lemah kamu desak dengan lambungmu dan bahumu serta kamu tanduk dengan tandukmu, sehingga kamu menghalau mereka ke luar kandang,
22  maka Aku akan menolong domba-domba-Ku, supaya mereka jangan lagi menjadi mangsa dan Aku akan menjadi hakim di antara domba dengan domba.
23  Aku akan mengangkat satu orang gembala atas mereka, yang akan menggembalakannya, yaitu Daud, hamba-Ku; dia akan menggembalakan mereka, dan menjadi gembalanya.
24  Dan Aku, TUHAN, akan menjadi Allah mereka serta hamba-Ku Daud menjadi raja di tengah-tengah mereka. Aku, TUHAN, yang mengatakannya.
25  Aku akan mengadakan perjanjian damai dengan mereka dan Aku akan meniadakan binatang buas dari tanah itu, sehingga mereka dapat diam di padang gurun dengan aman tenteram dan dapat tidur di hutan-hutan.
26  Aku akan menjadikan mereka dan semua yang di sekitar gunung-Ku menjadi berkat; Aku akan menurunkan hujan pada waktunya; itu adalah hujan yang membawa berkat.
27  Pohon-pohon di ladang akan memberi buahnya dan tanah itu akan memberi hasilnya. Mereka akan hidup aman tenteram di tanahnya. Mereka akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku mematahkan kayu kuk mereka dan melepaskan mereka dari tangan orang yang memperbudak mereka.
28  Mereka tidak lagi menjadi jarahan bagi bangsa-bangsa dan binatang liar tidak akan menerkam mereka, sehingga mereka akan diam dengan aman tenteram dengan tidak dikejutkan oleh apapun.
29  Aku akan mendirikan bagi mereka suatu taman kebahagiaan, sehingga di tanah itu tidak seorangpun akan mati kelaparan dan mereka tidak lagi menanggung noda yang ditimbulkan bangsa-bangsa.
30  Dan mereka akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, Allah mereka, menyertai mereka dan mereka, kaum Israel, adalah umat-Ku, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
31  Kamu adalah domba-domba-Ku, domba gembalaan-Ku, dan Aku adalah Allahmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar