(e-SH) 12 September -- Yehezkiel 33:21-33 - Kebebalan Umat

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Senin, 12 September 2016
Ayat SH: Yehezkiel 33:21-33

Judul: Kebebalan Umat

Tujuan Tuhan menghukum umat-Nya adalah supaya mereka bertobat. Sayangnya, sering kali umat-Nya tidak bertobat walau diberikan hukuman berat. Yerusalem telah ditaklukkan oleh Babel (21), namun umat Tuhan yang tertinggal di Tanah Perjanjian maupun yang di pembuangan tidak berubah sikapnya.

Mereka yang tertinggal di reruntuhan berkata: "Abraham adalah seorang diri, tatkala ia mendapatkan tanah ini menjadi miliknya, tetapi kita banyak, tentu tanah ini diberikan kepada kita menjadi milik" (24). Rupanya, mereka menganggap saudara-saudara mereka yang ditawan ke pembuangan adalah umat yang dibuang. Sedangkan mereka berbeda karena mereka adalah umat istimewa yang akan mewarisi negeri tersebut. Karena itu, Tuhan memberikan nubuat dan menyatakan bahwa mereka tidak akan memiliki tanah itu.Tuhan akan menghukum dan membinasakan mereka. Tanah tersebut akan dimusnahkan-Nya dan menjadi sunyi sepi. Tuhan melakukan semua itu karena semua perbuatan-perbuatan keji yang mereka lakukan (25-29).

Sedangkan mereka yang dibuang, yang sekarang hidup bersama-sama dengan Yehezkiel di pembuangan, juga tidak sungguh-sungguh bertobat. Kelihatannya mereka saling mengajak untuk datang mendengarkan apa yang dikatakan Yehezkiel. Sayangnya, mereka hanya mendengarkan dan tidak melakukannya (31a). Mulut mereka penuh dengan kata-kata cinta kasih, tetapi hatinya mengejar keuntungan yang haram (31b). Mereka senang mendengar Yehezkiel karena mereka menganggapnya sebagai suatu hiburan yang menyenangkan dan sama sekali tidak melakukannya (32).

Ketika membaca nas ini, mungkin kita mengecam perbuatan mereka. Namun, kita perlu bercermin, apakah kita sering melakukan hal yang sama? Sudah berapa lama Tuhan menyerukan pertobatan dan kita terus mengabaikannya? Marilah kita berkomitmen untuk menyangkal diri, memikul salib, dan mengikut Tuhan dengan sepenuh hati, jiwa, dan raga. [IT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/09/12/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+33:21-33
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+33:21-33

Yehezkiel 33:21-33

21  Pada tahun kesebelas sesudah pembuangan kami, dalam bulan yang kesepuluh, pada tanggal lima bulan itu, datanglah kepadaku seorang yang terluput dari Yerusalem dan berkata: "Kota itu sudah ditaklukkan!"
22  Maka kekuasaan TUHAN meliputi aku pada malam sebelum kedatangan orang yang terluput itu dan TUHAN membuka mulutku pada saat menjelang kedatangan orang yang terluput itu pada pagi hari. Mulutku sudah terbuka dan aku tidak bisu lagi.
23  Lalu datanglah firman TUHAN kepadaku:
24  "Hai anak manusia, orang-orang yang tinggal pada reruntuhan-reruntuhan ini, yaitu yang di tanah Israel, berkata begini: Abraham adalah seorang diri, tatkala ia mendapat tanah ini menjadi miliknya, tetapi kita banyak, tentu tanah ini diberikan kepada kita menjadi milik.
25  Oleh karena itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Kamu makan daging dengan darahnya, kamu melihat juga kepada berhala-berhalamu dan kamu menumpahkan darah--apakah kamu akan tetap memiliki tanah ini?
26  Kamu bersandar pada pedangmu, kamu melakukan kekejian dan masing-masing mencemari isteri sesamanya--apakah kamu akan tetap memiliki tanah ini?
27  Katakanlah begini kepada mereka: Beginilah firman Tuhan ALLAH. Demi Aku yang hidup, orang-orang yang tinggal pada reruntuhan-reruntuhan akan mati rebah oleh pedang, dan orang-orang yang di padang akan Kuberikan kepada binatang liar menjadi makanannya dan orang-orang yang di dalam kubu dan gua akan mati kena sampar.
28  Tanah ini akan Kubuat musnah dan sunyi sepi, dan kecongkakannya, yang ditimbulkan kekuatannya, akan berakhir; gunung-gunung Israel akan menjadi sunyi sepi, sehingga tidak seorangpun berani melintasinya.
29  Dan mereka akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN, pada saat Aku membuat tanah ini musnah dan sunyi sepi, oleh karena semua perbuatan-perbuatan mereka yang keji, yang mereka lakukan.
30  Dan engkau anak manusia, teman-temanmu sebangsa bercakap-cakap mengenai engkau dekat tembok-tembok dan di pintu rumah-rumah dan berkata satu sama lain, masing-masing kepada temannya. Silakan datang dan dengar, apa yang difirmankan oleh TUHAN!
31  Dan mereka datang kepadamu seperti rakyat berkerumun dan duduk di hadapanmu sebagai umat-Ku, mereka mendengar apa yang kauucapkan, tetapi mereka tidak melakukannya; mulutnya penuh dengan kata-kata cinta kasih, tetapi hati mereka mengejar keuntungan yang haram.
32  Sungguh, engkau bagi mereka seperti seorang yang melagukan syair cinta kasih dengan suara yang merdu, dan yang pandai main kecapi; mereka mendengar apa yang kauucapkan, tetapi mereka sama sekali tidak melakukannya.
33  Kalau hal itu datang--dan sungguh akan datang! --mereka akan mengetahui bahwa seorang nabi ada di tengah-tengah mereka."


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org


0 komentar:

Posting Komentar