(e-SH) 29 Juli -- Yehezkiel 11:1-13 - Nubuat Melawan Pemimpin

Posted On // Leave a Comment

e-SH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                        e-Santapan Harian
      Sarana untuk menggumuli makna Firman Tuhan bagi hidup
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA

Tanggal: Jumat, 29 Juli 2016
Ayat SH: Yehezkiel 11:1-13

Judul: Nubuat Melawan Pemimpin

Tidak sedikit persekutuan dan gereja-gereja TUHAN hancur karena sikap dan tindakan para pemimpinnya.

TUHAN memperlihatkan kepada Yehezkiel dua puluh lima orang pemimpin bangsa Israel di antaranya Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya, yang sedang berada di pintu gerbang Timur dari rumah TUHAN (1). TUHAN menyebutkan mereka sebagai orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota Yerusalem. Mereka merasa percaya diri karena masih ada di Yerusalem setelah penyerbuan Babel tahun 597 sM. Mereka merasa aman dan diperkenan Allah, bahkan menganggap diri mereka sebagai daging pilihan dalam periuk "Yerusalem, sedang orang-orang buangan adalah tulang." Mereka bertahan dalam kejahatan dan tidak mau mendengarkan perkataan nabi bahwa mereka juga akan dibinasakan TUHAN (2-3). Mereka membunuh banyak orang di Yerusalem (6). Mereka melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan kehendak dan peraturan TUHAN; justru melakukan peraturan-peraturan bangsa di sekitar mereka (12).

TUHAN memerintahkan Yehezkiel untuk bernubuat melawan mereka karena Ia tahu apa yang timbul di dalam hati mereka (4-5). TUHAN menegaskan bahwa orang-orang yang mereka bunuh adalah orang-orang pilihan-Nya (7). Para pemimpin yang tidak benar digiring keluar dari Yerusalem untuk dibunuh oleh pedang, diserahkan kepada orang asing, dan dijatuhi hukuman (7-11). TUHAN menghukum agar mereka menyadari bahwa Dialah TUHAN yang berkuasa atas mereka (10, 12). Sesudah mengucapkan nubuat itu, penghukuman pertama menimpa Pelaca bin Benaya yang langsung mati saat itu juga. Yehezkiel takut dan bertanya akan kasih TUHAN terhadap sisa Israel (13).

Setiap orang percaya harus memperingatkan para pemimpin yang masih berkubang dalam segala kejahatannya. Di atas semua pemimpin ada TUHAN yang berkuasa mencabut nyawa orang yang paling berkuasa sekalipun. Bagi para pemimpin, janganlah terus hidup dalam dosa, TUHAN akan menghukummu! [TNT]

e-SH versi web:http://www.sabda.org/publikasi/sh/2016/07/29/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
https://www.facebook.com/groups/santapan.harian/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Yehezkiel+11:1-13
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Yehezkiel+11:1-13

Yehezkiel 11:1-13

 1  Lalu Roh itu mengangkat aku dan membawa aku ke pintu gerbang Timur dari rumah TUHAN, pintu yang menghadap ke sebelah timur. Lihat, di dalam pintu gerbang itu ada dua puluh lima orang dan di antara mereka kulihat Yaazanya bin Azur dan Pelaca bin Benaya, yaitu pemimpin-pemimpin bangsa.
 2  Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, inilah orang-orang yang merancang kedurjanaan dan menaburkan nasihat jahat di kota ini,
 3  yang mengatakan: Bukankah belum lama berselang rumah-rumah kita dibangun kembali? Kota inilah periuk dan kita dagingnya.
 4  Oleh sebab itu bernubuatlah melawan mereka, bernubuatlah, hai anak manusia!"
 5  Maka Roh TUHAN meliputi aku dan TUHAN berfirman kepadaku: "Katakanlah: Beginilah firman TUHAN: Kamu berkata-kata begini, hai kaum Israel, dan Aku tahu apa yang timbul dalam hatimu.
 6  Orang-orang yang kamu bunuh di kota ini bertambah banyak dan kamu penuhi jalan-jalannya dengan mereka.
 7  Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Orang-orang yang kamu bunuh di kota ini, merekalah dagingnya dan kota inilah periuk, tetapi kamu akan Kugiring keluar dari dalamnya.
 8  Kamu takut kepada pedang, tetapi Aku akan mendatangkan pedang atasmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.
 9  Aku akan menggiring kamu keluar dari dalamnya dan menyerahkan kamu di tangan orang-orang asing dan menjatuhkan hukuman-hukuman kepadamu.
10  Kamu akan berebahan karena pedang dan di tanah Israel Aku akan menghukum kamu; dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN.
11  Kota ini tidak akan menjadi periuk bagimu ataupun kamu seakan-akan daging di dalamnya; di tanah Israel Aku akan menghukum kamu.
12  Dan kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, karena kelakuanmu tidak selaras dengan ketetapan-ketetapan-Ku dan peraturan-peraturan-Ku tidak kamu lakukan; bahkan engkau melakukan peraturan-peraturan bangsa-bangsa yang di sekitarmu."
13  Maka sedang aku bernubuat, matilah Pelaca bin Benaya. Lalu aku sujud dan berseru dengan suara nyaring, kataku: "Aduh, Tuhan ALLAH, apakah Engkau menghabiskan sisa Israel?"


e-SH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
     Diterbitkan dan Hak Cipta(c) oleh Scripture Union Indonesia
              e-SH  Ditulis oleh penulis-penulis Indonesia
           (e-SH) owner-i-kan-akar-Santapan-Harian@hub.xc.org

0 komentar:

Posting Komentar