(e-RH) Juli 25 -- MENGAKUI OTORITAS

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 25 Juli 2016
Bacaan : Lukas 7:1-10
Setahun: Amsal 24-27
Nats: Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya. (Lukas 7:8)

Renungan:

MENGAKUI OTORITAS

Seorang anggota militer tentunya memahami dengan baik arti tunduk pada otoritas. Ia tahu memposisikan dirinya sesuai dengan pangkat yang disandangnya. Kolonel berhak memberi perintah pada bawahan dan bawahan akan melakukannya sebagai tanda hormat atau tunduk pada otoritas. Sebaliknya, kolonel akan tunduk pada jenderal yang menjadi atasannya.

Demikianlah perwira Romawi ini memposisikan dirinya terhadap Yesus. Sekalipun Yesus orang Yahudi dan tinggal di wilayah yang merupakan jajahan Romawi, perwira ini tetap memandang Yesus sebagai orang yang lebih berkuasa. Ia sampai merasa tidak layak untuk bertemu dengan Yesus. Ia memilih meminta bantuan dari tua-tua Yahudi untuk mengundang-Nya datang ke rumahnya agar menyembuhkan hambanya. Dan ketika Yesus sudah dekat rumahnya, lagi-lagi perwira ini menunjukkan ketidaklayakannya dengan mengutus sahabatnya membawa pesan untuk Yesus, "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku; sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh." Yesus mengagumi sikap perwira Romawi ini, menyebutnya sebagai iman yang besar.

Apakah kita memiliki sikap iman seperti itu? Iman yang mengakui bahwa Yesus Kristus adalah Pencipta dan Pemilik hidup kita? Orang yang memiliki iman ini tentulah akan menjalani hidup dengan rendah hati, menghormati Tuhan, tunduk pada firman-Nya, dan mengandalkan kekuasaan dan kekuatan Yesus. --Samuel Yudi Susanto/Renungan Harian
   
PENGHORMATAN DAN PENGAKUAN KEPADA YESUS SEBAGAI PEMEGANG OTORITAS TERTINGGI DALAM HIDUP INI ADALAH BUKTI DARI IMAN KITA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/07/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2016/07/25/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+7:1-10

Lukas 7:1-10

 1  Setelah Yesus selesai berbicara di depan orang banyak, masuklah Ia ke Kapernaum.
 2  Di situ ada seorang perwira yang mempunyai seorang hamba, yang sangat dihargainya. Hamba itu sedang sakit keras dan hampir mati.
 3  Ketika perwira itu mendengar tentang Yesus, ia menyuruh beberapa orang tua-tua Yahudi kepada-Nya untuk meminta, supaya Ia datang dan menyembuhkan hambanya.
 4  Mereka datang kepada Yesus dan dengan sangat mereka meminta pertolongan-Nya, katanya: "Ia layak Engkau tolong,
 5  sebab ia mengasihi bangsa kita dan dialah yang menanggung pembangunan rumah ibadat kami."
 6  Lalu Yesus pergi bersama-sama dengan mereka. Ketika Ia tidak jauh lagi dari rumah perwira itu, perwira itu menyuruh sahabat-sahabatnya untuk mengatakan kepada-Nya: "Tuan, janganlah bersusah-susah, sebab aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku;
 7  sebab itu aku juga menganggap diriku tidak layak untuk datang kepada-Mu. Tetapi katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh.
 8  Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit. Jika aku berkata kepada salah seorang prajurit itu: Pergi!, maka ia pergi, dan kepada seorang lagi: Datang!, maka ia datang, ataupun kepada hambaku: Kerjakanlah ini!, maka ia mengerjakannya."
 9  Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: "Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!"
10  Dan setelah orang-orang yang disuruh itu kembali ke rumah, didapatinyalah hamba itu telah sehat kembali.

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Amsal+24-27
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Amsal+24-27

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2016 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA

0 komentar:

Posting Komentar