(e-RH) Juni 27 -- MEMBERI SECARA MAKSIMAL

Posted On // Leave a Comment

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Senin, 27 Juni 2016
Bacaan : Lukas 6:37-42
Setahun: Mazmur 10-17
Nats: Berilah dan kamu akan diberi: Suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang diguncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam pangkuanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu. (Lukas 6:38)

Renungan:

MEMBERI SECARA MAKSIMAL

Di sebuah gereja, seorang hamba Tuhan berkata kepada jemaat, "Mulai sekarang janganlah kalian memberikan persepuluhan kepada gereja ini karena gereja ini sudah cukup secara finansial. Semestinya gereja ini memberkati gereja lain, lembaga misi, dan pekerjaan Tuhan lainnya." Jemaat merespons dengan baik seruan itu karena mereka mengerti bagaimana memberikan persembahan yang terbaik kepada Tuhan.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita memberikan persembahan sebagai ungkapan hati yang penuh rasa syukur kepada Tuhan? Martin Luther, sang Bapak Reformator, berkata, "Jika kamu bertobat, hal pertama yang harus bertobat adalah dompetmu!" Maksudnya, Luther menyadari bahwa manusia cenderung mencintai uang melebihi hal-hal lainnya di dunia ini. Padahal, seperti ditegaskan dalam Alkitab, akar segala kejahatan adalah cinta akan uang. Hati yang tulus memberi persembahan, dengan demikian, berlawanan dengan sikap dunia ini. Sikap ini hanya akan muncul sewaktu kita menyadari kebaikan Tuhan atas hidup kita. Kebaikan-Nya selanjutnya akan memotivasi kita, menjadi ukuran atau standar kita, dalam memberi dan mengasihi sesama.

Untuk itu, marilah kita merenungkan sungguh-sungguh kebaikan Tuhan dalam hidup kita. Selanjutnya, kita belajar memberi karena Tuhan sudah memberkati kita secara berlimpah-limpah. Memberi tidak selalu dilakukan dari kelebihan, namun kita dapat belajar memberi sekalipun sedang dalam kekurangan. Hati yang rela memberi menandakan ketergantungan penuh pada Tuhan. --Anton Siswanto/Renungan Harian
   
MENERIMA ADALAH SIKAP MANUSIAWI, SEDANGKAN MEMBERI ADALAH SIKAP ILAHI.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: http://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2016/06/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Diskusi renungan ini di Facebook:
http://apps.facebook.com/renunganharian/home.php?d=2016/06/27/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: http://alkitab.sabda.org/?Lukas+6:37-42

Lukas 6:37-42

37  "Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.
38  Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."
39  Yesus mengatakan pula suatu perumpamaan kepada mereka: "Dapatkah orang buta menuntun orang buta? Bukankah keduanya akan jatuh ke dalam lobang?
40  Seorang murid tidak lebih dari pada gurunya, tetapi barangsiapa yang telah tamat pelajarannya akan sama dengan gurunya.
41  Mengapakah engkau melihat selumbar di dalam mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu sendiri tidak engkau ketahui?
42  Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada di dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu."

Bacaan Alkitab Setahun: http://alkitab.sabda.org/?Mazmur+10-17
Mobile: http://alkitab.mobi/tb/passage/Mazmur+10-17

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Gloria -- Copyright © 2016 Yayasan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAY GLORIA


0 komentar:

Posting Komentar