Santapan Rohani Hari Ini: Anda Ada Di Pihak Mana?

Posted On // Leave a Comment

Santapan Rohani Hari Ini: Anda Ada Di Pihak Mana?


Anda Ada Di Pihak Mana?

Posted: 02 Dec 2014 09:00 AM PST

Rabu, 3 Desember 2014

Anda Ada Di Pihak Mana?

Baca: Mazmur 73

73:1 Mazmur Asaf. Sesungguhnya Allah itu baik bagi mereka yang tulus hatinya, bagi mereka yang bersih hatinya.

73:2 Tetapi aku, sedikit lagi maka kakiku terpeleset, nyaris aku tergelincir.

73:3 Sebab aku cemburu kepada pembual-pembual, kalau aku melihat kemujuran orang-orang fasik.

73:4 Sebab kesakitan tidak ada pada mereka, sehat dan gemuk tubuh mereka;

73:5 mereka tidak mengalami kesusahan manusia, dan mereka tidak kena tulah seperti orang lain.

73:6 Sebab itu mereka berkalungkan kecongkakan dan berpakaian kekerasan.

73:7 Karena kegemukan, kesalahan mereka menyolok, hati mereka meluap-luap dengan sangkaan.

73:8 Mereka menyindir dan mengata-ngatai dengan jahatnya, hal pemerasan dibicarakan mereka dengan tinggi hati.

73:9 Mereka membuka mulut melawan langit, dan lidah mereka membual di bumi.

73:10 Sebab itu orang-orang berbalik kepada mereka, mendapatkan mereka seperti air yang berlimpah-limpah.

73:11 Dan mereka berkata: "Bagaimana Allah tahu hal itu, adakah pengetahuan pada Yang Mahatinggi?"

73:12 Sesungguhnya, itulah orang-orang fasik: mereka menambah harta benda dan senang selamanya!

73:13 Sia-sia sama sekali aku mempertahankan hati yang bersih, dan membasuh tanganku, tanda tak bersalah.

73:14 Namun sepanjang hari aku kena tulah, dan kena hukum setiap pagi.

73:15 Seandainya aku berkata: "Aku mau berkata-kata seperti itu," maka sesungguhnya aku telah berkhianat kepada angkatan anak-anakmu.

73:16 Tetapi ketika aku bermaksud untuk mengetahuinya, hal itu menjadi kesulitan di mataku,

73:17 sampai aku masuk ke dalam tempat kudus Allah, dan memperhatikan kesudahan mereka.

73:18 Sesungguhnya di tempat-tempat licin Kautaruh mereka, Kaujatuhkan mereka sehingga hancur.

73:19 Betapa binasa mereka dalam sekejap mata, lenyap, habis oleh karena kedahsyatan!

73:20 Seperti mimpi pada waktu terbangun, ya Tuhan, pada waktu terjaga, rupa mereka Kaupandang hina.

73:21 Ketika hatiku merasa pahit dan buah pinggangku menusuk-nusuk rasanya,

73:22 aku dungu dan tidak mengerti, seperti hewan aku di dekat-Mu.

73:23 Tetapi aku tetap di dekat-Mu; Engkau memegang tangan kananku.

73:24 Dengan nasihat-Mu Engkau menuntun aku, dan kemudian Engkau mengangkat aku ke dalam kemuliaan.

73:25 Siapa gerangan ada padaku di sorga selain Engkau? Selain Engkau tidak ada yang kuingini di bumi.

73:26 Sekalipun dagingku dan hatiku habis lenyap, gunung batuku dan bagianku tetaplah Allah selama-lamanya.

73:27 Sebab sesungguhnya, siapa yang jauh dari pada-Mu akan binasa; Kaubinasakan semua orang, yang berzinah dengan meninggalkan Engkau.

73:28 Tetapi aku, aku suka dekat pada Allah; aku menaruh tempat perlindunganku pada Tuhan ALLAH, supaya dapat menceritakan segala pekerjaan-Nya.

Aku suka dekat pada Allah. —Mazmur 73:28

Anda Ada Di Pihak Mana?

Dalam sengitnya Perang Saudara di Amerika Serikat, salah seorang penasihat Presiden Lincoln mengatakan bahwa ia bersyukur karena Allah berada di pihak pemerintahan Perserikatan (Utara). Lincoln menjawab, “Tuan, kekhawatiran saya bukanlah apakah Allah berada di pihak kita; kekhawatiran terbesar saya adalah apakah kita berada di pihak Allah, karena Allah selalu benar.”

Pernyataan itu benar-benar menggugah kita yang selama ini menganggap bahwa Allah itu ada untuk semata-mata mendukung berbagai rencana, pandangan, keputusan, dan keinginan kita. Jawaban Lincoln mengingatkan kita bahwa rencana-rencana kita yang terbaik sekalipun belum tentu sesuai dengan kehendak Allah.

Dengan jelas kita melihat bahwa sang pemazmur ingin senantiasa berada di pihak Allah ketika ia memohon, “Selidikilah aku, ya Allah dan kenallah hatiku . . . lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal!” (Mzm. 139:23-24). Ketika kita mengikuti teladan pemazmur untuk senantiasa “dekat pada Allah” (73:28), kita dapat memastikan bahwa kita berada di pihak-Nya, seiring Roh-Nya menolong kita untuk menyelaraskan setiap pikiran dan tindakan kita agar seturut dengan jalan-Nya yang selalu benar.

Jadi, tanyakanlah kepada diri sendiri: Apakah kita berada di pihak Tuhan? Berada di pihak-Nya berarti kita mencerminkan kasih-Nya kepada orang-orang di sekitar kita melalui cara kita berinteraksi dengan mereka. Kita akan mengampuni, memperlakukan orang lain dengan adil, dan mengusahakan perdamaian. Jalan-jalan Allah selalu menjadi yang paling baik. —JMS

Bapa, ajar kami mengenali jalan-jalan-Mu agar kami tahu bahwa
dalam keputusan penting hidup ini kami pun menaati-Mu.
Terima kasih karena ketika kami mendekat kepada-Mu,
Engkau pun mengaruniakan kepada kami hikmat dan kearifan.

Ketika kamu mendekat kepada Allah, kamu pasti berada di pihak-Nya.

Billy dan Tuhan Yesus

Posted: 01 Dec 2014 12:00 AM PST

Oleh: Christin Siahaan

Billy-dan-Tuhan-Yesus

Billy memang keren. Mata boleh sipit, tapi kecakapannya memainkan bola basket benar-benar hebat. Tak heran jika hampir semua mata para gadis yang menonton pertandingan antar fakultas sore itu tertuju padanya, termasuk aku. Apalagi, tim Billy adalah tim dari fakultasku. Setiap kali ring lawan dibobolnya, aku ikut bersorak. Yes! Yes! Yes! Angka demi angka diraih. Meski sempat diganti sebentar untuk memulihkan stamina, Billy yang turun bermain dua kali, berhasil membawa timnya unggul sepuluh angka. Bersama teman-teman seangkatan, aku melonjak gembira, lebur dalam sorak-sorai yang memenuhi lapangan. Tim fakultas kami menjadi bintang. Orang-orang berebut memberi selamat kepada mereka seusai pertandingan. Billy jelas menjadi bintang yang paling bersinar!

Sepanjang perjalanan pulang, ketiga sahabatku tak henti-hentinya membahas soal Billy dengan penuh semangat. Kelincahannya berlari, ketangkasannya menggiring bola, dan segala sesuatu yang mengagumkan darinya. Harus kuakui, aku pun awalnya menikmati. Hingga aku tersadar bahwa sepanjang hari itu duniaku hanya diisi dengan Billy, Billy, dan Billy. Mendengarkan sahabat-sahabatku yang masih seru membahas Billy, aku teringat saat-saat pertama aku mengenal Tuhan Yesus. Aku sangat bersemangat menceritakan tentang Dia kepada orang lain. Dia adalah Pribadi yang paling hebat dan mengagumkan dalam hidupku. Aku selalu senang melewatkan waktu bersama-Nya. Namun kuakui, belakangan aku lebih sering merasa kosong. Tidak lagi akrab dengan Tuhan. Entah ke mana gerangan rasa kagum dan semangat yang menyala-nyala yang pernah menghangatkan hatiku itu. Seribu satu cerita tentang Billy yang masih mengalir deras dari sahabat-sahabatku mendadak membuatku merasa sangat tidak nyaman. Hatiku mulai protes: "Mengapa kita tidak menceritakan kekaguman kita pada Tuhan Yesus dengan semangat yang berkobar seperti ini ya? Padahal, bukankah pribadi Tuhan Yesus jauh lebih hebat dan karya-Nya jauh lebih dahsyat?" Mataku mulai basah. "Duh, Tuhan, ampuni aku. Hari ini aku bahkan belum menyediakan waktu sedikit pun untuk duduk diam mendengarkan-Mu."

Pengalaman hari itu membuatku banyak merenungkan tentang sikapku terhadap Tuhan. Adakalanya apa yang aku tahu tidak sejalan dengan apa yang aku rasakan dan aku lakukan. Misalnya saja, aku tahu bahwa Tuhan adalah Sang Pencipta yang Mahakuasa dan Mahatahu. Namun, tidak serta merta aku datang mencari tuntunan-Nya, dan tidak selalu pula aku bersemangat untuk menceritakan tentang betapa luar biasanya Dia kepada orang lain. Aku tahu bahwa Tuhan ingin aku mengasihi-Nya dengan segenap hati, jiwa, dan akal budiku. Aku pun ingin seperti itu. Namun, tidak selalu kasih dan perhatianku tertuju penuh kepada-Nya. Aku lebih banyak menghabiskan waktu untuk berbagai hal lain di luar Tuhan. Pernahkah kamu juga mengalaminya?

Sungguh bersyukur bahwa Tuhan begitu sabar menuntun kita. Berbagai peristiwa diizinkan-Nya untuk kita alami, agar kita dapat makin mendekat dan mengenal-Nya. Kesadaran akan hal ini mendorongku (dan semoga kamu juga) untuk tidak lagi bermain-main dengan hidup ini, tetapi berupaya untuk menerapkan apa yang aku tahu dan yakini dalam tindakan nyata sehari-hari, seperti nasihat Paulus dalam Roma 12:2: "Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah, apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna."

0 komentar:

Posting Komentar