Selasa, 30 April 2024

(e-RH) 1 Mei -- KELUARAN 23:1-13 - HATI BAGI SESAMA

e-RH(c) ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
                           e-Renungan Harian
      Sarana untuk bertumbuh dalam iman & menjadi saksi Kristus
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Tanggal: Rabu, 1 Mei 2024
Bacaan : KELUARAN 23:1-13
Setahun: 1 Tawarikh 3-5
Nats: "Jangan kamu memeras pendatang. Kamu sendiri tahu perasaan pendatang, sebab dahulu kamu pun pendatang di tanah Mesir." (Keluaran 23:9)

Renungan:

HATI BAGI SESAMA

Tindakan pemerasan terhadap orang lain adalah suatu hal yang menimbulkan luka dan menyakitkan hati. Pemerasan terhadap seseorang tentu akan memberikan dampak buruk bagi hidupnya. Mereka akan selalu berkecil hati karena ketiadaan dukungan dari orang-orang di sekitarnya, bisa menimbulkan trauma, bahkan juga dapat memunculkan rasa dendam.

Atas hidup pendatang, Allah melarang bangsa Israel untuk memeras dan menekan mereka karena mereka hanyalah minoritas yang tidak memiliki daya. Allah mengingatkan bagaimana rasanya menjadi minoritas yang tidak memiliki daya apa pun dalam menghadapi lingkungan yang berbeda dari mereka karena mereka sendiri pernah diperas dan ditindas ketika menjadi pendatang di tanah Mesir. Oleh karena itu, Allah melarang umat-Nya untuk memeras pendatang karena hal tersebut akan membunuh hati nurani mereka sebagai manusia. Tetapi Allah mengajak mereka untuk menerima kehadiran pendatang dan mendukung kehidupan mereka supaya kehidupan mereka tidak sengsara, melainkan mendapatkan kekuatan dalam menjalani hidup.

Aksi pemerasan dan penindasan tidaklah menunjukkan kemanusiaan kita, tetapi justru menghancurkannya. Allah mengajak kita untuk menerima dan mendukung mereka yang lemah supaya hidup mereka dapat terbangun. Dengan demikian maka kita menjadi manusia yang sesungguhnya, yakni manusia yang memiliki hati untuk sesama. --ZDP/www.renunganharian.net
   
MANUSIA YANG MANUSIAWI ADALAH MANUSIA YANG MEMPUNYAI HATI BAGI SESAMANYA.

e-RH situs: http://renunganharian.net
e-RH arsip web: https://www.sabda.org/publikasi/e-rh/2024/05/01/
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Ayat Alkitab: https://alkitab.sabda.org/?KELUARAN+23:1-13

KELUARAN 23:1-13

 1  "Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar.
 2  Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum.
 3  Juga janganlah memihak kepada orang miskin dalam perkaranya.
 4  Apabila engkau melihat lembu musuhmu atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan binatang itu.
 5  Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya.
 6  Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya.
 7  Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah.
 8  Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar.
 9  Orang asing janganlah kamu tekan, karena kamu sendiri telah mengenal keadaan jiwa orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir.
10  Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya,
11  tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu.
12  Enam harilah lamanya engkau melakukan pekerjaanmu, tetapi pada hari ketujuh haruslah engkau berhenti, supaya lembu dan keledaimu tidak bekerja dan supaya anak budakmu perempuan dan orang asing melepaskan lelah.
13  Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu."

Bacaan Alkitab Setahun: https://alkitab.sabda.org/?1+Tawarikh+3-5
Mobile: https://alkitab.mobi/tb/passage/1+Tawarikh+3-5

e-RH(c) +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ YLSA
Dilarang memperbanyak isi Renungan Harian® tanpa izin tertulis dari penerbit.
Renungan Harian® milik Yayasan Pelayanan Gloria -- Copyright © 2024 Yayasan Pelayanan Gloria.
- - -
Anda diberkati melalui Renungan Harian®?
Jadilah berkat dengan mendukung pelayanan Yayasan Pelayanan Gloria.
BCA Rekening No. 456 500 8880 a.n. YAYASAN PELAYANAN GLORIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar